Cara sukses menurunkan berat badan di bulan puasa

14

Bulan puasa tidak hanya dimanfaatkan sebagian orang untuk berlomba-lomba mencari pahala, namun juga sebagai momen untuk menurunkan berat badan. Hal ini tentu saja bisa dilakukan, namun, menu makanan dan minuman yang dikonsumsi tidak bisa sembarangan.

Anda tetap harus mengatur menu sahur dan berbuka, serta aktivitas Anda sehari-hari. Lalu bagaimana caranya agar sukses memanfaatkan hari berpuasa untuk diet? Berikut tipsnya.

1. Jangan melewatkan sahur

Alih-alih menjadi ramping akibat tidak sahur, bisa saja rasa lapar yang berlebihan malah mendorong Anda untuk membatalkan puasa atau kalap saat berbuka. Selain itu, Anda juga membutuhkan energi yang cukup untuk dapat menjalankan aktivitas dengan makan sahur.


2. Ganti nasi putih dengan karbohidrat yang kompleks

Berbeda dengan jenis karbohidrat sederhana seperti nasih putih, karbohidrat kompleks lebih rendah gula dan mengandung banyak serat dan vitamin. Sehingga, makanan ini membutuhkan waktu untuk diserap lambung dan mampu menahan rasa lapar lebih lama. Makanan-makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah nasi merah, roti gandum, oatmeal, atau kentang.


3. Minum air putih yang banyak

Yakni sekitar 8-10 gelas antara buka puasa sampai sahur. Menurut laman Nova, air putih dapat menjaga asupan cairan dan menjaga metabolisme tubuh berjalan dengan baik. Metabolisme yang baik pun akan turut mempengaruhi Anda dalam menurunkan berat badan.

4. Hindari gula berlebihan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa gula adalah kandungan yang harus dihindari saat menjalani diet, terutama gula buatan. Apabila Anda tetap ingin memakan yang manis-manis, dapat menggantinya dengan buah-buah yang mengandung pemanis alami. Seperti kurma, pisang, melon, atau anggur.

5. Hindari makanan berlemak

Makanan yang berlemak tinggi seperti gorengan dan kuah santan, akan membuat lemak-lemak di tubuh semakin menumpuk. Seperti yang dilansir dari laman Teen, kandungan lemak yang tinggi akan membuat Anda cepat mengantuk. Sehingga akan sulit menemukan semangat untuk berolahraga dan menjalankan aktivitas.

6. Tetap berolahraga

Menjaga pola makan saja tidak cukup jika Anda tetap bermalas-malasan di rumah. Lakukan gerakan-gerakan olahraga yang sederhana seperti yang pernah kami bahas sebelumnya di sini untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

TEKS: HAVIERA RAHMA
EDITOR: HAPPY FERDIAN
FOTO: DOK. ESQUIRE
Source: Esquire

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

Baca juga:
Jam tangan untuk balapan paling mematikan di dunia
Alila Yangshuo, Kejutan di Paradise of Earth
Li-Fi: Teknologi baru yang mengalahkan kecepatan Wi-Fi

 

Share it