Cara Terbaik Hindari Kanker Usus Besar

103

fresh-vegetablesPola makan yang tidak baik merupakan pemicu terbesar dalam timbulnya penyakit-penyakit berbahaya. Salah satu penyakit berbahaya yang dapat timbul akibat pola makan yang tidak baik adalah kanker kolorektal atau kanker usus besar.

Mengonsumsi daging merah memiliki hubungan yang erat dengan peningkatan risiko kanker kolorektal yang kini berada di posisi tiga jenis kanker paling ditakuti. Para peneliti pun menyarankan untuk menjalani diet tinggi serat agar terhindar dari kanker kolorektal.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Loma Linda University di California, Amerika Serikat. Mereka yang menjalani diet tinggi serat berada pada risiko yang lebih rendah dari kanker kolorektal atau usus besar dan kanker rektum dibandingkan oleh mereka yang tidak melakukannya.

“Mereka yang diet tinggi serat, memiliki risiko 22 persen lebih rendah untuk semua jenis kanker, 19 persen untuk kanker kolorektal, dan 29 persen lebih rendah dari risiko kanker dubur (kanker rektal),” kata Michael J. Orlich dari Loma Linda University dikutip dari situs Health Me Up.

Dilanjutkan Michael, penelitian ini juga menunjukkan bahwa individu yang menjalani pola hidup sebagai vegetarian dan menjauhi diri dari aktivitas tidak menyehatkan seperti mengonsumsi alkohol, tidak mau bergerak, dan merokok dapat terhindar dari serangan kanker.

Selain itu, penelitian yang telah diterbitkan ke dalam JAMA Internal Medicine dapat terhindar dari risiko obesitas, hipertensi, diabetes, dan kematian dini akibat penyakit kardiovaskular lainnya.  [teks @shintaasarass | foto healingthebody.ca]

Share it