Catat, Prediksi Wilayah Cuaca Ekstrem Menurut BMKG di Akhir Tahun

17
Catat, Prediksi Wilayah Cuaca Ekstrem Menurut BMKG di Akhir Tahun

Dwikorita Karnawati selaku Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat terkait prediksi potensi cuaca ekstrem di sejumlah daerah Indonesia.

Prediksi cuaca ekstrem itu diperkirakan akan terjadi selama momen libur natal dan tahun baru atau natar mulai tanggal 22 Desember hingga 1 Januari 2023. Oleh sebab itu baiknya Anda mengetahui wilayah mana saja yang diprediksi punya cuaca buruk.

Catat, Prediksi Wilayah Cuaca Ekstrem Menurut BMKG di Akhir Tahun

“BMKG melakukan prakiraan berbasis dampak dan dari prakiraan itu, terdeteksi adanya potensi untuk siaga terjadinya cuaca ekstrem pada periode 21-23 Desember 2022 di 12 provinsi,” kata Dwikorita dalam konferensi pers, Selasa (20/12) malam.

Wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem di tanggal 22-23 Desember  2022 meliputi Aceh Sumatera Utara, Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Maluku dan Papua.

Khusu 24 Desember, potensi siaga dari prakiraan berbasis dampak diprediksi terjadi di sebagian wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan. Pada tanggal 25 Desember 2022-1 Januari 2023 cuaca ekstrem juga perlu diwaspadai di beberapa wilayah, di antaranya Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

Catat, Prediksi Wilayah Cuaca Ekstrem Menurut BMKG di Akhir Tahun

Dengan potensi cuaca buruk tersebut, masyarakat diimbau untuk waspada terhadap potensi cuaca ekstrem di udara lantaran awan cumulonimbus terdeteksi pada 21-27 Desember. Cuaca ekstrem disejumlah wilayah tersebut bisa memicu bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, longsor, hingga angin puting beliung.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Hotel Indonesia Kelas Dunia!

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Redaksi
Share it