Chaka Khan Sebut “Through The Fire” Versi Kanye West Memalukan!

21
Chaka Khan

Chaka Khan dikenal sebagai salah satu legenda musik dunia.  Lagu “Through The Fire” yang keluar di tahun 1985 menjadi salah satu hits populer sepanjang masa.  Beberapa musisi sempat menyanyikan ulang lagu ini.  Di antaranya Peabo Bryson dan artis gospel Donald Lawrence.

Yang juga terpikat dengan lagu ini adalah Kanye West.  Di tahun 2003, ia pernah memasukkan potongan lagu ini dalam salah satu karyanya.  Lagu yang diberi judul “Through The Wire” ini kemudian masuk di album pertamanya, “The College Dropout”.

Penggunaan sample “Through The Fire” ini bukan lah tanpa izin.  Ia sudah meminta restu dari Chaka Khan, melalui anaknya.  Saat itu, Kanye West memang bersahabat dengan putra sang diva.

Semua bermula dari kecelakaan mobil yang menimpa Kanye di Los Angeles.  Saat itu ia dilarikan ke rumah sakit dengan kondisi rahang yang hancur.  Ia harus menjalani operasi dan rahangnya dijahit.  Lagu “Through The Fire” lah yang kemudian membantu proses penyembuhannya di rumah sakit.

Kanye West gunakan “Through The Fire” milik Chaka Khan di lagu debutnya

Keluar dari rumah sakit, ia memberitahu sahabatnya (anak dari Chaka Khan), bahwa ia akan memakai potongan lagu tersebut.  Dua minggu kemudian, ia masuk rekaman dalam kondisi rahang yang masih ‘terjahit’.  Dari situ lah judul “Through The Wire” muncul.  Ia pun menggunakan potongan reffrain dari lagu aslinya, namun dengan tempo yang dipercepat dan pitch dinaikkan.

Lagu tersebut menuai sukses di Amerika Serikat dan Inggris.  Kanye West bahkan masuk nominasi Best Rap Solo Performance di Grammy Awards 2005.  Video musiknya pun meraih gelar Video Of The Year di Source Hip Hop Awards 2004.

BACA JUGA: Nostalgia Dewa 19 di Magnetic Brava!

 

Chaka Khan: “Ini Sebuah Penghinaan”

Kekesalan Chaka Khan terbongkar ketika diundang di acara TV “Watch What Happens Live with Andy Cohen” tahun 2019 lalu.  “Rasanya seperti sebuah penghinaan,” katanya saat itu.  “Bodoh, lebih tepatnya.  Kalau tahu akan dibuat seperti itu, saya tidak akan setuju.”

Memori buruk ini terungkit kembali ketika ia diwawancara untuk VladTV.  Di situ ia bercerita, bahwa awalnya ia memang menyetujui permintaan Kanye.  “Saya pikir, tidak ada salahnya.  Karena memang masih akan menggunakan suara saya.  Tapi ternyata hasilnya seperti itu!  Ini penghinaan buat saya, dan juga musik saya.”

Walaupun demikian, sekarang ia sudah bisa melupakan kekesalannya.  “Umur lagu itu sudah 35 tahun lebih.  Saya bahkan sudah lupa dengan lagu itu,” ungkap Chaka Khan sambil tertawa menutup wawancara.

 

Share it