Chicago – If You Leave Me Now [1976]

8
Chicago - If You Leave Me Now [1976]

“If You Leave Me Now” bergema dalam banyak hal yang belum pernah dilakukan oleh lagu Chicago lainnya. Dirilis sebagai single pada tahun 1976 dari album grup rock Amerika Chicago X, lagu tersebut menduduki puncak Billboard Hot 100. Itu bertahan di sana selama dua minggu, menjadikannya hit No. 1 pertama kalinya untuk grup ini.

Hebatnya, lagu ini adalah satu dari hanya lima lagu “non-disko” yang berhasil mencapai No. 1 di Amerika Serikat dalam periode sembilan bulan selama tahun itu. Selain itu, lagu ini juga mencapai No. 1 di tangga lagu Easy Listening.

Itu juga merupakan hit terbesar Chicago secara internasional, menduduki puncak tangga lagu di negara lain seperti Kanada, Australia, Belanda, Irlandia, dan Inggris Raya, di mana ia mempertahankan posisi No. 1 selama tiga minggu yang mengesankan.

“If You Leave Me Now” terus menang besar selama Penghargaan Grammy 1976 karena membawa pulang Vokalis Pengiring Aransemen Terbaik dan Penampilan Vokal Pop Terbaik oleh Duo, Grup, atau Paduan Suara – Penghargaan Grammy pertama yang dimenangkan oleh grup. Lagu tersebut juga menerima nominasi Grammy untuk Record of the Year.

Baca juga : Billy Joel 52nd Street 1978

Dua tahun kemudian, “If You Leave Me Now” telah disertifikasi emas dan platinum oleh RIAA karena terjual 1,4 juta kopi di Amerika Serikat.

Share it