Dampak The Beatles, Papan Jalan Abbey Road Terjual Hingga Rp 714 juta

32
Papan Jalan Abbey Road

Band legendaris asal Inggris, The Beatles memberikan dampak besar dari jalan kecil yang terletak di London Utara, Abbey Road. Berkat The Beatles, papan jalan Abbey Road laku terjual seharga 37.200 poundsterling atau sekitar Rp 714 juta dalam pelelangan.

Siapa yang tidak kenal dengan jalan legendaris Abbey Road. Semua musisi yang berkunjung ke Inggris, tidak lengkap rasanya jika tidak berfoto di Abbey Road.

Jalan dari Abbey Road dipopulerkan oleh The Beatles. Lewat foto ikonik di zebra cross luar studio EMI di kawasan St John’s Woodand, band yang beranggotakan George Harrison, Paul McCartney, Ringo Starr, dan John Lennon itu membuat Abbey Road menjadi tempat berfoto bagi para pelancong hingga kini.

Selain itu, Abbey Road juga dijadikan nama untuk album ke-11 dari The Beatles. Album ini pun laku keras sehingga membuat Abbey Road semakin dikenal dunia.

Papan Jalan Abbey Road

Dikarenakan sejarahnya dan memori yang memiliki nilai tinggi, papan jalan dari Abbey Road pun laku terjual hingga Rp 714 juta dalam lelang. Padahal, awalnya hanya diprediksi laku sekitar 2.000 poundsterling (Rp 39 juta).

Papan Jalan Abbey Road

Papan jalan Abbey Road tersebut dibuat pada tahun 1967 oleh Sir Misha Black.

Selain melelang papan jalan Abbey Road, juga ada 275 papan jalan yang dijual atas nama Dewan Kota Westminster dalam lelang.

“Sebagai warga London selatan, proyek penjualan papan jalan London begitu menyenangkan, dari awal hingga akhir. Suatu kehormatan kami bisa terlibat di dalamnya,” kata juru lelang, Catherine Southon, dilansir di laman BBC.

“Saya benar-benar terkejut dengan tingginya minat para kolektor dengan penawaran kompetitif dari seluruh dunia,” ujar Southon.

Share it