Diet yang paling cocok untuk cegah hipertensi

38

Selain karena faktor keturunan atau genetika, hipertensi juga sangat dipengaruhi oleh faktor pola makan. Masyarakat modern rentan akan hipertensi karena menu dan pola makan yang tinggi natrium dan lemak.

Hasil penelitian besar tahun 2004 di Eropa juga sudah membuktikan hal itu. Ditemukan bahwa tingginya asupan garam di semua negara Eropa meningkatkan risiko tinggi kematian.

Gaya hidup modern tidak bisa dilepaskan dari ketergantungan akan garam. Lidah orang kita lebih senang makanan tasty. Apapun makanannya, yang penting asin – dan gurih. Karenanya, di tempat makan, banyak disediakan botol garam untuk bisa menambahkan rasa sesuai selera kita sendiri,” ungkap dr. Arieska Ann Soenarta, SpJP, FIHA, spesialis jantung dan pembuluh darah dari RS Harapan Kita, Jakarta.

Salah satu langkah solusinya, Anda bisa mengikuti pola diet DANH (Dietery Approaches Nonstop Hypertension). Diet ini terbukti bisa menurukan risiko penderita hipertensi mengalami komplikasi, dengan mengatur pola makan.

Fokus pola makan ini adalah dengan mengonsumsi banyak biji-bijan, buah-buahan dan sayuran, susu dan daging rendah lemak, serta mengurangi asupan garam dan gula.

Untuk mengurangi asupan garam, normalnya itu sebanyak 1.5 – 2.3 gram. Jika itu terlalu ribet Anda bisa jadi patokan, Anda bisa menilai dengan rasanya. Makanan yang sudah terasa asin itu berarti kelebihan garam. Biasanya, makanan seperti ini sering ada di fast food,” papar dr. Arieska Ann.

Tentu, tak lupa, Anda harus rutin cek tekanan darah Anda. Tekanan darah normal yang sudah disepakat berada pada angkat 120/80 mmHg. Ukuran prahipertensi berada di angka 120-139/80-89 mmHg, hipertensi tahap satu pada 140-159/90-99, dan hipertensi tahap dua lebih dari 160/100.

Kita tak bisa berandai-andai apakah tekanan darah normal atau tidak. Sebab saat tensi sedang tinggi, tubuh tidak bereaksi. Karenanya, cek berapa tekanan darah Anda secara rutin,” pungkas dr. Arieska Ann.

[Source: Fitness For Men Indonesia]

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio melalui streaming di sini atau download melalui iOS dan Google Play Store.

Baca juga:
Penderita maag di kota besar makin meningkat
7 Tips jitu memulai investasi saham
5 cara lain menikmati Dubai

Share it