Diplomatic Travel dari seorang Prianti Gagarin Djatmiko S.

49
Prianti Gagarin Djatmiko

Dalam Travel Talk beberapa waktu lalu bersama Cristian Rahadiansyah, Prianti Gagarin Djatmiko akan membagikan kisahnya mengenai Diplomatic Travel.

Sebagai seorang diplomat yang harus berpergian demi kepentingan negara, Gagarin mengatakan ada beberapa hal yang membedakan. Misalnya adanya surat perjalanan dan juga antrian imigrasi yang berbeda.

“Kalau soal pesawat tidak ada aturan khusus, yang penting harus mengambil tiket yang ekonomis dan efisien. Pakaian kenegaraan juga tidak harus pakai kebaya, yang pasti menunjukan identitas negara. Batik misalnya,” ujar Gagarin.

Selama 30 tahun bekerja sebagai diplomat, ada beberapa negara yang berkesan baginya. Salah satunya adalah Venezuela dan 5 negara Karibia. Di negara tersebut konflik politiknya cukup tinggi sehingga Gagarin harus selalu waspada.

Selain menjadi seorang diplomat, Gagarin juga dikenal sebagai seseorang yang terus mempromosikan batik di luar negeri. Sebagai seseorang yang mencintai batik, ia berkeinginan untuk membuat batik lebih dikenal secara luas. Bukan sebagai bahan tekstil biasa, namun sebuah budaya.

Mendapatkan kesempatan untuk mengajar di Institut Venezuela, Gagarin menjadikan ini sebagai peluang mengembangkan batik lebih lagi. Ia mendatangkan pengajar-pengajar dari Indonesia dengan materi tentang batik. Selain itu, Gagarin juga mengadakan pameran mengenai batik dan juga sebuah buku yaitu Batik Diplomacy.

Kembali ke kehidupan diplomatik, Gagarin menjelaskan bahwa kehidupan diplomatik memang sedikit berbeda. Perbedaan nampak pada negara mana yang akan ditempati, namun ia mengaku bahwa dirinya tidak pernah menampilkan hal-hal yang seram atau glamour mengenai diplomatik.

Jika dibolehkan untuk memilih, Gagarin mengaku ingin menjadi diplomat di Maghreb (Afrika) atau China. Menurutnya negara-negara tersebut adalah negara yang memiliki tantangan tersendiri.

Untuk mendapatkan cerita wisata menarik lainnya, silakan nantikan Travel Talk berikutnya bersama Cristian Rahadiansyah hanya di 103.8 FM Brava Radio.

[teks onne | foto okezone.com]

Share it