Fakta-Fakta Air Tawar di Bumi, Hanya Berjumlah 3 Persen

77
Fakta-Fakta Air Tawar di Bumi, Hanya Berjumlah 3 Persen

Dasar dari para ahli mendeteksi sumber kehidupan makhluk hidup di planet luar adalah dengan keberadaan air. Meski begitu, tahukah Brava Listeners meskipun air di Bumi sangat melimpah, namun diprediksi tidak lagi bisa menunjang kehidupan di masa depan?

Merujuk ke dalam sebuah studi dari Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), sekitar 72 persen bagian dari Bumi tertutup air, tetapi 97 persennya merupakan air asin yang tidak bisa diminum. Hasil studi ini juga menghitung setidaknya total air di dunia saat ini ada sekitar 326 juta mil kubik (pangkat 3) atau 1.358.827.275,09 kilometer kubik (1,36 miliar Km3). Artinya hanya 3 persen jumlah air tawar atau air bersih di bumi.

Fakta-Fakta Air Tawar di Bumi, Hanya Berjumlah 3 Persen

David Gallo selaku ahli kelautan di Woods Hole Oceanographic Institution (WHOI) di Massachusetts, dikutip dari Live Science menerangkan jika Bumi adalah sebuah apel, lapisan airnya akan lebih tipis dari kulit buahnya. Kandungan air tawar, yang merupakan jenis air yang bisa dikonsumsi, di bumi bahkan lebih langka dari air asin.

“Agar umat manusia berkembang, atau bahkan ada, kita perlu memercikkan sedikit air tawar di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat, dan dalam jumlah yang tepat,” kata Gallo.

Fakta-Fakta Air Tawar di Bumi, Hanya Berjumlah 3 Persen

Fakta tentang air tawar diantaranya ialah: Pertama, setidaknya 70 persen air tawar terkunci di lapisan es. Kemeduian kurang dari 1 persen air tawar di dunia yang bisa diakses dengan mudah. Ketiga, sejumlah negara memiliki lebih dari 50 persen cadangan air tawar dunia, di antaranya China, Kolombia, Brasil, Rusia, Kanada, dan Indonesia.

Selanjutnya sepertiga dari populasi dunia tinggal di negara-negara ‘stres air’. Negara-negara yang diberi label stres sedang hingga tinggi mengonsumsi air 20 persen lebih banyak daripada pasokan yang tersedia. Survei USGS juga menjelaskan bahwa lebih banyak air tawar yang tersimpan di dalam tanah daripada yang ada dalam bentuk cair di permukaan.

Fakta-Fakta Air Tawar di Bumi, Hanya Berjumlah 3 Persen

Baca Juga: Melihat Restoran Terapung Ikonik Hong Kong yang Tenggelam di Tengah Laut

Banyak negara yang kini mengalami krisis air bersih, termasuk air tanah. Pengambilan air tanah yang berlebihan juga memicu bencana lain, seperti amblasnya muka tanah. Apa tanggapan Brava Listeners mengenai fakta tentang air di atas?

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it