Film Indonesia Akan Bersaing di Piala Oscar 2024

184
Film Indonesia Akan Bersaing di Piala Oscar 2024

Film Indonesia akan kembali dikirim untuk bersaing di ajang Piala Oscar 2024. Ketua Umum Pengurus Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI), Deddy Mizwar, menginginkan film Indonesia tidak hanya ikut serta dalam Oscar, namun juga dapat meraih penghargaan tersebut.

Komite Seleksi Oscar Indonesia dari PPFI akan mengirimkan film Indonesia untuk Piala Oscar 2024. Terdapat sembilan anggota Komite Seleksi Oscar Indonesia yang akan turut menyeleksi, seperti Deddy Mizwar, Slamet Rahardjo, Garin Nugroho, Sha Ine Febriyanti, Ilham Bintang, Alim Studio, Cesa David Luckmansyah, Ratna Riantiarno, dan Nur Hidayat.

Film Indonesia Akan Bersaing di Piala Oscar 2024

Dalam proses seleksinya ini akan ditetapkan satu film Indonesia yang akan mewakili Indonesia dalam ajang Oscar 20204 untuk kategori Best International Feature Film.

Salah satu persyaratan film tersebut harus dinyatakan lulus sensor dari Lembaga Sensor Film (LSF) serta film tersebut telah tayang di bioskop minimal selama tujuh hari secara berturut-turut. Film yang diikuti seleksi adalah film yang tayang antara 1 Desember 2022 hingga 31 Oktober 2023.

“Misi kita tidak hanya untuk memboyong Oscar, melainkan juga meletakkan film Indonesia di dalam peta film dunia,” kata Deddy Mizwar di Jakarta, seperti diberitakan Antara.

Baca Juga: 3 Fakta Sinead O’Connor, Raih Nominasi Grammy Hingga Pensiun

Sebelumnya, film Ngeri-Ngeri Sedap mewakili Indonesia mengikuti kompetisi film ke ajang Piala Oscar 2023. Film Ngeri-Ngeri Sedap masuk kualifikasi untuk bersaing di Piala Oscar dalam kategori Film Fitur Internasional Terbaik.

Namun sayang, film Ngeri-Ngeri Sedap gagal mewakili Indonesia untuk jadi nominasi Oscar 2023.

Indonesia sendiri telah mengikuti ajang Piala Oscar untuk kategori Film Fitur Internasional Terbaik sejak 1987. Kategori ini diperuntukkan untuk film panjang yang diproduksi di luar Amerika Serikat yang sebagian besar berisi non dialog bahasa Inggris.