Fitur Revolusioner Platform e4, Membuat Mobil Listrik Mengapung di Air

82

Pada awal tahun lalu di Shanghai Auto Show 2023, BYD secara resmi memperkenalkan teknologi terbaru mereka yakni Platform e4. Siapa sangka, dengan teknologi Platform e4 dapat membuat mobil listrik bisa mengapung di air.

Teknologi Platform e4 dari BYD ini disematkan dalam 2 model kendaraan Yangwang, yaitu SUV Yangwang U8 dan supercar listrik Yangwang U9. Mobil tersebut dihargai sebesar 1 juta yuan.

Dalam perilisan video mengungkap mobil produksi BYD ini dengan fitur revolusioner berkat teknologi Platform e4. Teknologi Platform e4 menjadi teknologi penggerak independen empat motor yang diproduksi secara massal pertama di Tiongkok.

Fitur Revolusioner Platform e4, Membuat Mobil Listrik Mengapung di Air

Teknologi Platform e4 mengusung mobil konsep ET yang dirilis BYD pada dua puluh tahun yang lalu. Konsepnya ini terinspirasi kontrol postur tubuh dari seekor cheetah saat berlari.

Keunggulan dari Platform e4 dapat mengatur perputaran sisi roda secara independen pada kecepatan milidetik dengan sistem penggerak elektrik yang tanggap. Hal ini dapat memudahkan pengontrolan bodi kendaraan.

Fitur Revolusioner Platform e4, Membuat Mobil Listrik Mengapung di Air

Fungsi tersebut sangat berfungsi untuk meminimalkan risiko kecelakaan. Misalnya, ketika salah satu ban dari mobil pecah, Platform e4 dapat secara tepat menyesuaikan torsi ketiga roda yang tersisa dengan presisi milidetik, sehingga membantu kendaraan untuk berhenti dengan cara yang lebih stabil.

Baca Juga: Intip Harga & Spesifikasi Mobil Listrik di KTT ASEAN Jakata

Selain itu, salah satu yang menarik dari Platform e4 adalah dapat membuat mobil listrik mengapung di air. Platform e4 juga mengadopsi teknologi kedap air dengan rating IP68 untuk memungkinkan kendaraan mengapung di atas air melalui pengontrolan vektor independen empat roda.

Platform e4 juga memberikan pengalaman berkendara yang memacu adrenalin, dengan dapat menempuh kecepatan maksimum 20.500 rpm dan output tenaga kuda melebihi 1.100 tenaga kuda. Hal ini membuat mobil listrik yang menerapkan teknologi Platform e4 dapat berjalan dalam berbagai kondisi, seperti jalan raya, off-road, dan di lintasan balap.