Gedung Pencakar Langit Akan Dibangun Membelah Gurun di Arab Saudi

94

Proyek besar akan dibangun oleh Arab Saudi dengan membangun gedung pencakar langit yang membelah gurun. Gedung pencakar langit ini akan dibangun sepanjang 75 mil (120 km) atau hampir sepanjang jarak Jakarta-Subang.

Proyek bernama “Mirror Line” ini pertama kali diumumkan oleh Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MBS) pada Januari 2021 lalu. MBS mengungkapkan bahwa Arab Saudi akan membuat sebuah proyek ikonik dan abadi seperti layaknya Piramida Mesir.

β€œThe Line adalah proyek yang merupakan revolusi peradaban yang mengutamakan manusia,” kata Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman ketika itu.

Dilansir dari Daily Mail, proyek “Mirror Line” terdiri dari dua bangunan yang memiliki tinggi 1.600 kaki (488 meter), sejajar satu sama lain melintasi 75 mil lanskap gurun, pesisir, dan pegunungan. Gedung pencakar langit ini akan terbentang dari Teluk Aqaba memanjang di sepanjang pantai menjadi ‘aerotropolis’ gurun.

Proyek “Mirror Line” juga akan menampilkan stadion olahraga yang ditetapkan setinggi 1.000 kaki (302 meter) di atas tanah.

Salman mengungkapkan proyek “Mirror Line” bertujuan menempatkan satu juta penduduk bertemu dalam waktu lima menit berjalan kaki. Selain itu, perjalanan dari ujung ke ujung dapat ditempuh hanya dalam rentang waktu 20 menit.

Proyek “Mirror Line” ini diprediksi akan menelan biaya sebesar triliunan dolar. Namun, Pangeran MBS bercita-cita ingin menjadikan kehidupan di gurun tidak lagi panas, lengket dan berpasir.

Diklaim oleh Pangeran MBS proyek “Mirror Line” akan mulai disiapkan pada tahun 2030 mendatang. Meski begitu, para insinyur mengatakan dibutuhkan waktu 50 tahun untuk membangun proyek “Mirror Line”.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it