Gilarsih Wahyu Setijono: Target PT Pos di tahun 2016

123

The Captain pada (24/11) yang dibawakan oleh Ferdy Hasan, kehadiran seorang narasumber yaitu Direktur Utama PT Pos Indonesia, Gilarsih Wahyu Setijono.

Mereka membahas mengenai target pencapaian PT Pos di tahun 2016. Di segmen sebelumnya, mereka membahas mengenai transformasi PT Pos Indonesia.

Q: Mengenai revenue, pencapaian PT Pos tahun 2015 bisa sampai 4,7 – 5 trilun . Tahun 2016 target revenue meningkat 25% dari tahun lalu. Sudah tercapai kah? Strategi apa yang sudah dilakukan?

A: Sekarang pos punya tiga bidang sektor, yaitu sektor jasa, kurir logistik dan keuangan. Yang vulnerable itu di bidang keuangan. Karena kan sudah ada bank, ada institusi lain yang sudah menggunakan financial technology.

Dari sisi itu, untuk bisnis finansial terbilang sulit untuk menjadi keunggulan utama pos. Kalau berbicara keunggulan, sepertinya lebih ke nomor dua, yaitu kurir logistik.

Kalau pakai sistem push, kita fokus ke kurir. Setiap ada problem, Diperbaiki, pasti dikoreksi betul-betul. Dan selama 2016 ini kami mengoreksi sumbatan-sumbatan ini.

Pertumbuhan volume kurir mencapai 40%. Namun revenue wise kenaikannya hampir 18%. Karena distruktur pengtarifan itu ada tarif komerisal dan tarif ekonomi. Tarif ekonomi yang menentukan itu dari tarif pemerintah.

Sekarang kan ada paket kilat khusus juga ekspres. Kalau paket biasa malah rugi. Namun bisa didiskusikan dengan pemerintah. Jangan sampai tarif tahun 2009 dipakai di tahun 2016.

Lalu untuk layanan keuangan mungkin bisa mengandalkan via e-commerce. Kan ada yang namanya payment getaway. Pos bisa jadi sebuah solusi.

Q: Apa kunci sukses PT Pos?

A: Ada lima kunci suksesnya. Pertama, kurir harus cepat dan pasti (Speed and certain). Dua, security. Ketiga, visible. Harus bisa visible via tracking. Keempat, cost competitiveness.

Dan yang terakhir, mudah diakses. Mau channel apapun harus mudah diakses. Kita juga sering menambah jumlah agen agar terjangkau.

Kantor pos ada yang sudah 24 jam. Ada juga yang jasa kirim bisa diambil ke rumah. Harga sudah bisa dicek melalui internet. Intinya, semakin memudahkan pelanggan untuk menggunakan jasa kami.

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini. [teks Gabriella Sakareza]

Share it