Tesla, Google & Microsoft Berencana Investasi di Thailand Rp 76 T

35
Tesla, Google & Microsoft Berencana Investasi di Thailand Rp 76 T

Thailand dikabarkan akan kedatangan tiga perusahan besar Tesla, Google, dan Microsoft, yang ingin berinvestasi di Negeri Gajah Putih. Hal tersebut diungkapkan oleh Perdana Menteri Thailand Srettha Thavisin.

Jumlah investasi di Thailand yang akan masuk dari Tesla, Google, dan Microsoft, sebesar US$ 5 miliar atau setara Rp 76,8 triliun. Tesla akan berencana untuk membangun pabrik kendaraan listrik di Thailand.

Sementara itu, Microsoft dan Google akan menanamkan investasinya untuk pembangunan dan pengembangan pusat data.

“Tesla akan mempertimbangkan fasilitas manufaktur kendaraan listrik, Microsoft dan Google sedang mempertimbangkan pusat data,” kata Perdana Menteri Thailand Srettha Thavisin dikutip dari Reuters.

Tesla, Google & Microsoft Berencana Investasi di Thailand Rp 76 T

Ketertarikan Tesla untuk investasi di Thailand dikarenakan melihat pasar industri otomotif mobil yang dimiliki negara tersebut. Thailand merupakan negara sebagai produsen mobil terbesar keempat di Asia.

Thailand pun sedang mengembangkan industri mobil listrik dengan memberikan sejumlah insentif bagi penggunanya. Salah satunya adalah potongan pajak yang cukup besar.

Baca Juga: Elon Musk Dikabarkan Akan Buka Kantor di Indonesia

Belum ada konfirmasi dari pihak Tesla, Google dan Microsoft terkait investasi yang akan ditanamkan di Thailand. Namun, jika ini benar adanya, maka hal tersebut akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara.

Pertumbuhan ekonomi Thailand sendiri diperkirakan hanya tumbuh 2,8%, lebih rendah dari perkiraan sebelumnya. Hal itu dikarenakan melemahnya kegiatan ekspor.