Gusto Tapas & Wine Bar

320
gusto-2-konsep klasik-b

Belum banyak restoran bermenukan Spanyol hadir di Jakarta. Salah satu yang menjadi rekomendasi kami adalah yang terletak di Epicentrum Walk, Kuningan, namanya, Gusto Tapas & Wine Bar.

Aroma yang meruap dari restoran ini menjadi ciri khas resto yang menyajikan makanan khas Spanyol. Ini juga terbukti dari nama yang diusung, Gusto Tapas & Wine Bar. Tapas? Apakah itu?

Tapas merupakan makanan ringan atau snack khas Spanyol. Biasanya orang Spanyol menikmati tapas pada jam sore, dan ditemani sangria, wine khas Spanyol.

Nah, dua menu sejoli, tapas dan sangria ini tentunya bisa Anda nikmati di Gusto Bar. Sangat tepat pula bagi Brava Listeners yang suka menghabiskan waktu sore menjelang malam, dan bosan dengan restoran mainstream, tak ada salahnya ‘menjelajahi’ menu makanan khas Spanyol di restoran ini.

“Konsep awalnya, karena di sini [Jakarta] makanan Spanyol masih belum familiar, jadi kami mau coba konsep beda, dengan mencoba mencapai target market orang-orang Indonesia supaya mencicipi makanan Spanyol,” jelas Yodi Rakhmadian, Supervisor Gusto Tapas & Wine Bar.

Makanan dan Cocktail Spesial

Berawal dari menu camilan, Gusto Platter’s merupakan perpaduan empat tapas, yaitu canape [mini sandwich], roll primavera [risol asal Spanyol] berisi daging ayam yang sudah dibumbui, chicken kroket, dan nachos yang disiram saus aroma daging sapi.

gusto-7-gusto platers

Empat makanan ringan ini disajikan menjadi satu, namun bukan di atas piring cantik layaknya, makanan berkelas. Di Gusto, tapas-tapas ini disajikan di atas sebuah talenan besar terbuat dari kayu, dan di tengahnya tersedia saus dalam gelas. Sehingga membuat penikmat makanan leluasa untuk mencocol tapas dalam saus. Unik kan?

Itu baru permulaan. Selanjutnya menu Gambas Al Ajilo mengajak lidah kembali ber-Flamenco. Gambas Al Ajilo adalah menu ringan yang terdiri dari udang besar, dimasak bersama garlic dan olive oil, yang disandingkan bersama roti.

Setelah ‘memenuhi’ mulut dengan menu ringan, kini saatnya beralih ke menu yang sedikit berat. Ada Fettucini Carbonara, yaitu pasta dengan taburan keju dan balutan krim keju yang luar biasa nikmat. Tepat di atas Fettucini Carbonara, terdapat telur setengah matang, yang siap menambah nafsu Anda untuk menyikat habis makanan ini.

Terakhir ada Pepperoni Pizza. Pizza ini memiliki permukaan yang tipis dan garing saat digigit. Hadir dengan topping daging sapi tipis yang semakin mengundang selera.

Untuk minuman, Sangria yang kami sebut tadi sebagai pasangan tapas menjadi minuman pertama kami. Sangria Red didominasi warna merah keungu-unguan, Sangria Red dibuat dari racikan red wine berisi aneka tropical fruits, seperti nanas, orange, lemon dipotong-potong yang dibiarkan ‘berenang’ bebas dalam wine.

gusto-6-yellow flag-b

Berlanjut dengan cocktail Yellow Flag. Sama dengan filosofi yang mengikutinya, yaitu bendera kuning. Minuman ini dianggap mampu ‘membunuh pelan-pelan’ para pencicipnya. Saat diteguk, memang terasa tidak terlalu strong, sehingga membuat Anda ketagihan. Dan, di saat ketagihan, tanpa disadari Anda mulai tumbang. Berani coba?

Terakhir dan yang paling memesona, adalah cocktail Pink Panther. Seperti warna yang dihadirkan, minuman ini terasa manis, dan amat soft di lidah. Mungkin cocok bagi Anda kaum perempuan yang ingin minuman cocktail namun tetap terlihat mempesona.

Konsep Klasik Elegan

Bila makanan dan minuman sudah berkonsep Spanyol, sudah pasti tempat pun harus mencerminkan keelokan ciri khas Spanyol.

Benar saja, saat tiba di Gusto Bar, Anda akan dibuat terbuai dengan ornamen-ornamen klasik yang dihadirkan. Seperti, pajangan kepala banteng yang tergantung di depan meja bar. Kemudian terdapat kaca besar dan lukisan-lukisan klasik seputar kerajaan Spanyol.

Suasana elegan pun terasa kental di Gusto. Hal ini tercermin dari nuansa warna yang dipakai, merah dan orange, serta kursi-meja yang terlihat berkelas.

Dari ruangan yang terbagi di Gusto, yaitu bar, dinning room, dan teras, Yodi mengakui wilayah ruang dinning di bagian pojok adalah spot favorit pengujung.

Penasaran dengan makanan, minuman serta keleganan Gusto Tapas & Wine Bar? Silakan melipir ke Gusto Bar, apalagi bila Anda datang di waktu sore menjelang malam. Enjoy! « [teks & foto @DonT_D4]

Sumber: Ghiboo.com

Share it