Hanya Lakukan Tindakan Kecil Ini Bisa Selamatkan Bumi Dari Kerusakan

12
Hanya Lakukan Tindakan Kecil Ini Bisa Selamatkan Bumi Dari Kerusakan

Berbagai kerusakan lingkungan telah banyak ditimbulkan oleh manusia dari hal-hal yang sebetulnya tidak mereka sadari. Ada beberapa hal kecil yang bisa Anda lakukan untuk sumbangsih positif buat lingkungan, setidaknya hal tersebut dimulai dari diri sendiri.

Kerusakan bumi tidak hanya ditimbulkan dari hal-hal besar saja seperti pencemaran udara oleh asap-asap kendaraan atau efek rumah kaca yang mengakibatkan es di kutub mencair. Namun, jauh di luar itu ada hal yang terkadang kita luput melakukan aktivitas sehari-sehari yang justru memberi efek buruk bagi lingkungan.

Berikut ini tindakan kecil yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan di Bumi.

1. Menanam

Dikutip dari laman Tree People, melakukan kegiatan menanam tanaman pohon ternyata dapat menurunkan suhu kota. Dimulai dari menanam satu pohon pun tak masalah karena efek yang ditimbulkan untuk jangka panjang.

Jika tersedia halaman di depan rumah, manfaatkan lah dengan menanam pohon buah. Selagi nantinya hasilnya bisa dipetik di kemudian hari, pohon juga membuat lingkungan menjadi tidak gersang.

2. Gunakan Tas Belanja Yang Digunakan Berulang

Penggunaan tas belanja yang bisa dipakai berulang (reusable bag) juga dapat memberikan sumbangsih positif buat lingkungan. Hal ini untuk meminimalisir penggunaan plastik sekali pakai.

Selain tas belanja yang bisa dipakai berulang, Anda juga dapat memanfaatkan penggunaan sedotan stainless steel. Apabila hal ini diterapkan dalam setiap Anda beraktivitas, maka akan mengurangi penggunaan plastik dalam keseharian.

3. Gunakan Botol Yang Bisa Diisi Ulang

Selain tas belanja, Anda juga dapat menggunakan botol yang dapat diisi ulang. Botol isi ulang ini dapat Anda bawa ke mana pun Anda pergi untuk meminimalisir keinginan membeli air minum dalam kemasan.

Saat ini juga sudah banyak yang menyediakan fasilitas daur ulang botol plastik. Anda juga bisa menghemat dengan mengisi air minum di botol dari galon isi ulang di rumah sebelum beraktivitas ke luar.

4. Matikan Alat elektronik/Listrik Yang Tidak Digunakan

Langkah kecil yang mampu menyelamatkan Bumi dari kerusakan berikutnya adalah dengan mematikan alat elektronik atau listrik yang tidak digunakan. Penggunaan energi listrik yang jarang digunakan hanya akan memperparah emisi karbon dan mengarah pada global warming.

Hal ini biasanya terjadi di dalam rumah, dimana listrik yang tidak digunakan sebaiknya dimatikan. Terlebih, pada waktu malam hari matikan lampu-lampu yang berada di dalam ruangan, yang sekaligus dapat menghemat biaya pemakaian listrik.

5. Bersepeda

Sekarang ini banyak orang yang sudah mulai menggunakan sepeda sebagai kendaraan mereka saat beraktivitas sehari-hari. Apabila jarak yang ingin Anda jangkau tergolong dekat, jangan dimanjakan dengan menggunakan kendaraan motor atau mobil.

Asap sisa bahan bakar dari kendaraan mobil dan motor dapat menimbulkan jejak karbon sehingga menyebabkan polusi udara. Dengan bersepda, selain Anda bisa memberikan sedikit sumbangsih positif untuk lingkungan, juga dapat menyehatkan tubuh.

 

 

Share it