Harga iPhone di Jepang Termurah di Dunia, Brasil Termahal

337

Sejak era smartphone yang telah merajalela, iphone menjadi salah satu smartphone termewah yang memiliki nilai tinggi. Jika dibandingkan harga dari smartphone lainnya, harga iPhone umumnya lebih mahal ketimbang smartphone Android.

Namun begitu, ternyata ada satu negara yang menjual harga iPhone leih murah ketimbang negara lainnya. Negara yang dimaksud adalah Jepang.

Lembaga penelitian Moving Mobile and Mobility Forward telah mengadakan survei terkait harga iPhone di 34 negara di seluruh dunia. Hasil menjawab bahwa iPhone termurah di dunia dijual di negara Jepang.

Harga iPhone di Jepang lebih murah 20 persen ketimbang harga iPhone rata-rata di pasar global. Kira-kira apa yang menyebabkan harga iPhone di Jepang lebih murah dibanding negara-negara lain?

Faktor utama mengapa iPhone di Jepang dijual lebih murah adalah karena penurunan nilai tukar yen terhadap mata uang asing. Yen turun ke 134,56 per dollar pada 9 Juni. Ini merupakan penurunan ke level terendah selama 20 tahun terakhir.

Jika dibandingkan harga iPhone 13 dengan memori 128 GB, rata-rata harga iPhone di luar Jepang mencapai  126.433 yen (sekitar Rp 13,7 juta). Sementara harga iPhone 13 128 GB di Jepang hanya seharga 98.800 yen (setara Rp 10,7 juta).

Harga iPhone termahal di dunia justru dijual di negara Brasil. Di Brasil, harga iPhone 13 128 GB mencapai Rp 22,6 juta.

Sementara itu, harga iPhone di negara Amerika Serikatmencapai Rp 12,7 juta. Untuk di Indonesia, harga iPhone 13 128 GB sendiri sebesar 15,1 juta.

Baca Juga: Berikut Daftar 5 Pesawat Penumpang Terbesar di Dunia

Tertarik untuk membeli iPhone di Jepang, Brava Listeners?

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it