India Melarang Penggunaan Parfum Hingga Obat Kumur Pada Pilot

51
India Melarang Penggunaan Parfum Hingga Obat Kumur Pada Pilot

India melalui regulator penerbangan sipil memberi usulan mengenai larangan penggunaan parfum hingga obat kumur pada pilot.

Bukan karena wangi menyengat dari parfum, India menilai parfum mengandung alkohol yang dapat mengakibatkan hasil tes breathalyser (alat pengukur jumlah alkohol dalam napas pengemudi) positif.

India Melarang Penggunaan Parfum Hingga Obat Kumur Pada Pilot

Seperti diketahui, pilot dilarang mengonsumsi alkohol ketika melakukan penerbangan dengan alasan keselamatan para awak dan penumpang. Sehingga dibuatlah tes breathalyzer.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara India berencana untuk mengubah peraturan keselamatan yang ada saat ini dengan klausul baru yang menyatakan larangan penggunaan parfum.

Melalui usulan itu, dipaparkan hal selain minuman beralkohol yang dapat menyebabkan tes napas positif, yaitu obat kumur, pasta gigi, hingga revisi terbaru yang menyebutkan larangan pada parfum.

“Tidak ada awak kapal yang boleh mengonsumsi obat/formulasi apa pun atau menggunakan zat apa pun seperti obat kumur/pasta gigi/parfum atau produk apa pun yang mengandung alkohol. Hal ini dapat menghasilkan tes penganalisa napas yang positif.” Bunyi peraturan baru India

“Setiap anggota kru yang menjalani pengobatan tersebut harus berkonsultasi dengan dokter perusahaan sebelum melakukan tugas terbang,” lanjut bunyi teks peraturan tersebut.

Usulan pelarangan mengonsumi segala sesuatu yang mengandung alkohol dari India berkaca pada laporan situs penerbangan Paddle Your Own Kanoo.

India Melarang Penggunaan Parfum Hingga Obat Kumur Pada Pilot

Dijelaskan bahwa pada 2022, sebanyak 41 pilot India dan 116 awak kabin ditangguhkan lisensinya untuk sementara karena dinyatakan positif mengonsumsi alkohol.

Melansir dari Stuff, etil alkohol yang digunakan dalam parfum dinilai dapat membentuk hingga 95 persen botol Eau de Cologne, Eau de Toilette, atau Eau de Parfum. Zat ini digunakan untuk mengencerkan konsentrat parfum agar aman diaplikasikan pada kulit.

Baca Juga: Tom Hanks Soroti Penggunaan AI yang Kian Mengganggu

Meski begitu, meski ada kandungan alkohol dalam parfum, belum ada penjelasan lebih lanjut apakah menggunakan parfum dalam tubuh bisa memicu hasil tes napas yang positif alkohol.

Bagaimana pendapat Anda mengenai aturan baru tentang larangan pilot memakai parfum ini?