Indonesia Akan Bangun “Silicon Valley” Dengan Biaya Rp 18 Triliun

121
Indonesia bangun silicon valley

Pemerintah Republik Indonesia berencana akan membangun kawasan pusat pengembangan inovasi dan teknologi, layaknya Silicon Valley di daerah Sukabumi, Jawa Barat. Tidak tanggung-tanggung, dana sebesar Rp 18 triliun telah disiapkan untuk membangun Silicon Valley-nya Indonesia.

Indonesia bangun silicon valley

Seperti diketahui, Silicon Valley merupakan kawasan berdirinya perusahaan-perusahaan raksasa teknologi dunia yang terletak di California, Amerika Serikat. MungAnda sudah tidak asing dengan nama Youtube, Google, Facebook, hingga Apple. Ternyata perusahaan raksasa tersebut bernaung di kawasan yang sama, yakni Silicon Valley.

Silicon Valley menjadi tempat bernaungnya perusahaan ternama impian anak muda. Pasalnya, dimana lagi dalam satu kawasan dapat menemui tempat berkumpulnya orang-orang di balik bisnis besar yang menguasai hampir seluruh dunia. 

Bukit Algoritma

Ingin mengikuti jejak dari Silicon Valley, pemerintah Indonesia juga akan membangun Silicon Valley-nya Indonesia, yang bernama Bukit Algoritma di Sukabumi. Hal ini diungkap Politikus PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko dalam upaya membangun kawasan ekonomi khusus (KEK) Pengembangan Teknologi dan Industri 4.0.

“Ini merupakan mimpi jangka panjang (membangun Silicon Valley). Untuk tahap pertama selama tiga tahun, AMKA menjadi mitra kepercayaan untuk membangun infrastruktur, termasuk akses jalan raya, fasilitas air bersih, pembangkit listrik, gedung konvensi dan fasilitas‐fasilitas lainnya,” kata Budiman seperti dikutip dari ANTARA.

Baca Juga : Monyet Didikan Elon Musk Ini Bisa Main Game

Untuk pembangunan Bukit Alogoritma ini akan memakan biaya hingga 1 miliar euro atau setara Rp 18 triliun. Angka fantastis tersebut untuk kualitas ekonomi 4.0, meningkatkan pendidikan dan penciptaan pusat riset serta peningkatan sektor wisata.

Share it