Indonesia Kalahkan Denmark & Berhak Menyandang Status Juara Grup C Sudirman Cup 2021

460
Indonesia Kalahkan Denmark & Berhak Menyandang Status Juara Grup C Sudirman Cup 2021

Indonesia berhasil lolos dari penyisihan grup C Sudirman Cup 2021 sebagai juara grup setelah mengalahkan Denmark dengan skor 3-2.

Indonesia dan Denmark sejatinya sudah dipastikan melaju ke perempat final Sudirman Cup 2021. Tetapi Indonesia dan Denmark tetap memiliki gensi yang sama yaitu ingin lolos dengan status sebagai juara grup,

Pertandingan yang dimulai pukul 16.00 waktu Finlandia atau pukul 14.00 WIB, dibuka dari sektor ganda putra yang mempertemukan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo berhadapan dengan Mads Pieler Kolding/Frederik Sogaard.

Indonesia Kalahkan Denmark & Berhak Menyandang Status Juara Grup C Sudirman Cup 2021

Marcus dan Kevin memberi poin pertama bagi Indonesia dengan mengalahkan Kolding dan Sogaard.  Pasangan Indonesia yang akrab dipanggil The Minions itu tidak menemukan hadangan yang berarti dari Kolding dan Sogaard, alhasil dua gim 21-19, 21-15, berhasil diamankan The Minions. Indonesia unggul 1-0 dari Denmark.

Pertandingan selanjutnya di nomor tunggal putri, Indonesia harus kehilangan angka saat Putri Kusuma Wardani dikalahkan Mia BlichFeldt. Kalah di gim pertama Putri berhasil menyamakan kedudukan di gim kedua.

Indonesia Kalahkan Denmark & Berhak Menyandang Status Juara Grup C Sudirman Cup 2021

Putri bisa saja mengawali debut manis di Sudirman Cup dengan kemenangan, namun kesalahan dan bola tanggung yang kerap kali dibuatnya, membuat Mia dengan mudah meraih satu demi satu angka. Akhirnya Mia bisa menyudahi perlawanan Putri dengan rubber gim 11-21, 21-16, 14-21. Skor Indonesia 1, Denmark 1.

Pertandingan ketiga Indonesia kembali harus kehilangan angka saat tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dikalahkan oleh tunggal putra Denmark, Anders Antonsen. Tidak tampil dengan performa terbaiknya, Ginting acap kali melakukan kesalahan dalam pengembalian bola.

Setelah pertemuan terakhir dikalahkan Ginting pada perempat final Olimpiade Tokyo 2020, Anders Antonsen nampaknya sudah berbenah diri untuk mengalahkan Ginting. Terbukti Antonsen berhasil menumbangkan Ginting dua gim langsung 9-21, 15-21. Skor Indonesia 1, Denmark 2.

Pertandingan keempat Indonesia berhasil menyamakan kedudukan atas Denmark lewat sektor ganda putri. Indonesia menurunkan ganda putri peraih mendali emas Olimpiade Tokyo 2020 Greysia Polii/Apriani Rahayu.

Greys dan Apri berhasil menang dengan mudah dari ganda putri Denmark, Maiken Fruergaard/Sara Thygesen. Tidak menghadapi hadangan yang berarti, ganda putri peringkat enam dunia itu berhasil menang dua gim 21-17, 21-9. Skor Indonesia 2, Denmark 2.

Indonesia Kalahkan Denmark & Berhak Menyandang Status Juara Grup C Sudirman Cup 2021

Dipertandingan kelima disektor ganda campuran, Indonesia berhasil memastikan lolos dengan status juara grup C setelah Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti mampu menumbangkan ganda campuran Denmark, Mathias Thyrri/Amalie Magelund.

Bermain dengan permainan terbaiknya Pravmel dengan mudah menumbangkan Thyrri dan Magelund. Tampil menyerang sejak awal dan penempatan bola yang bagus membuat ganda campuran peringkat empat  ini menang dengan defisit skor yang cukup jauh, 21-8, 21-17. Dengan ini skor Indonesia 3, Denmark 2.

Dengan hasil ini Indonesia lolos sebagai juara grup sedangkan Denmark berada di posisi kedua. Denmark sendiri menjadi satu-satu negara non-Asia yang lolos ke perempat final Sudirman Cup 2021.

Hasil ini juga membuat Indonesia dapat menghindari China yang menyandang gelar terbanyak Sudirman Cup (11) yang menjadi juara grup A.

Nanti perempat akan dilaksanakan pada 30 September-1 Oktober 2021. Delapan negara yang lolos ke perempat final Sudirman Cup 2021 ialah Indonesia, China, Korea Selatan, Jepang, China Taipei, Thailand, Malaysia, dan Denmark.

 

Penulis: Raihan Aulia

Share it