Ini dia 4 tanda-tanda dehidrasi

47

Seperti yang telah diketahui, bahwa air merupakan aspek penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jika tubuh kekurangan cairan akibatnya tubuh akan terserang dehidrasi.

Jika dibiarkan begitu saja, dehidrasi dapat mempengaruhi fungsi organ tubuh, dan menyebabkan penyakit-penyakit kronis seperti stroke, kejang, bahkan kematian.

Maka itu diwajibkan bagi manusia untuk minum air putih sebanyak 8 gelas per hari. Namun banyak yang mengabaikan aturan ini, mungkin dengan alasan tidak terlalu haus, atau memang tidak terlalu suka minum air.

Terkadang orang juga tidak menyadari kalau dirinya dehidrasi. Agar kita dapat mengetahui kapan sebenarnya kita sedang dehidrasi, berikut tanda-tandanya:

1. Bau mulut

Air liur memiliki sifat anti-bakteri. Jika Anda mengalami dehidrasi, kadar air liur Anda turun dan begitu pula kemampuan mulut Anda untuk melawan kuman penyebab bau mulut.

Jika Anda merasa nafas Anda mulai mengeluarkan bau tak sedap padahal Anda sudah gosok gigi, cobalah minum lebih banyak air secara teratur dan lebih banyak

2. Mudah lupa dan bingung

Ketika pikiran mudah bingung dan lupa ini juga merupakan tanda-tanda dehidrasi. Minumlah air lebih banyak saat cuaca panas, kekurangan cairan dapat membuat Anda pusing.

3. Kulit Anda mulai bermasalah

Cobalah lakukan tes sederhana ini, tarik kulit punggung tangan Anda lalu lepaskan, jika kulit cepat kembali ke tempatnya itu artinya Anda tidak dehidrasi.

Namun jika lambat itu artinya tubuh mulai dehidrasi karena kekurangan cairan dan dapat menyebabkan elastisitas kulit berkurang.

4. Tidak berkeringat

Bila tubuh tidak mengeluarkan keringat bahkan saat cuaca panas sekalipun, ini juga merupakan tanda-tanda penting bahwa Anda dehidrasi.

Karena kebutuhan cairan berkurang, tubuh pun tidak dapat memproduksi keringat.

Hal ini bisa membahayakan, karena normalnya tubuh manusia akan mengeluarkan keringat terlebih saat cuaca panas atau sehabis berolahraga. [teks Gabriella Sakareza/sumber liputan6.com | foto job-like.com]

Share it