Ini Reaksi Bos Netflix Setelah Ditinggal Hampir 1 Juta Pelanggan

49

Netflix kini tak lagi menjadi raja di industri streaming. Banyak nama-nama perusahaan besar yang saat ini terjun ke industri streaming, menggeser tahta Netflix yang sudah mulai terancam.

Diketahui, di kuartal II 2022 Netflix harus kehilangan sebanyak 970 ribu pelanggannya. Sebelumnya, Netflix juga harus kehilangan sekitar 200 ribu pelanggan pada kuartal I.

Akibatnya, Netflix pun harus memecat karyawannya sebanyak 450 orang di bulan Mei dan Juni. Bagi Netlix sendiri kehilangan ratusan ribu pelanggannya adalah untuk pertama kalinya dalam satu dekade.

Tak dipungkiri, kaburnya 970 ribu pelanggan Netflix ini disebabkan banyaknya nama besar yang berdatangan di industri streaming, seperti Disney Plus, HBO Max, dan Paramount Plus.

Meski begitu, pendiri dan Chairman Netflix, Reed Hastings, justru menanggapi santai mengenai hal ini. Kehilangan 970 ribu pelanggan masih terbilang sedikit dan bukan hasil yang buruk.

“Kami berbicara tentang kehilangan 1 juta, bukan 2 juta. Kami senang dengan hasil yang tak terlalu buruk,” kata nos Netflix, Reed Hastings.

Menurut analis industri di Benchmark, Matthew Harrigan hal yang paling harus difokuskan di industri streamingadalah memperbaiki konten yang ada. Ia mencontohkan seperti halnya streaming HBO yang akan akan merilis prekuel Game of Thrones sedangkan Amazon akan menayangkan Lord of The Rings: The Rings of Power.

“Bagi saya, masalah besar adalah di kualitas konten,” kata Matthew Harrigan, analis industri di Benchmark.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it