Inilah 5 tips sukses berbisnis properti

18

Menjadi kaya di usia muda bukanlah hal yang mustahil, terutama jika Anda tahu apa saja yang harus dilakukan. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan investasi di dunia properti.

Ya memang, properti dapat menjadi lahan terbaik untuk berinvestasi, karena memiliki risiko kerugian yang lebih kecil dibandingkan dengan bidang bisnis lainnya. Tetapi, Anda juga harus cermat agar dapat meraup keuntungan dalam berinvestasi. Untuk itu, tengoklah tips-tips investasi properti di bawah ini.


1. Hitung dengan cermat

Sangatlah penting untuk menghitung kemampuan finansial Anda terlebih dahulu sebelum membeli tanah, rumah, atau pun apartemen. Salah satu caranya dengan mempertimbangkan jumlah down payment (DP) yang bisa Anda sediakan, cicilan bulanan yang mampu Anda keluarkan, serta harga sewa yang nantinya Anda patok.

Lakukan perhitungan jangka pendek mau pun panjang untuk memperkirakan jumlah yang sesuai dengan pendapatan Anda. Hal ini untuk menghindari pergi berhutang ke sana ke mari dan terjerat tumpukan hutang di kemudian harinya.

2. Memilih bangunan

Jangan sampai Anda memilih rumah A atau B hanya karena bentuk atau interiornya sesuai dengan selera Anda. Namun, pilihlah berdasarkan lama atau barunya tempat tersebut dibangun.

Misalnya Anda dapat membeli rumah yang baru selesai dibangun, karena rumah tersebut tidak akan membutuhkan biaya pemeliharaan dalam jangka waktu panjang. Atau, pilih rumah yang sudah agak tua dan membutuhkan sedikit pembaruan di beberapa bagian, tapi dengan harga beli yang murah.


3. Perhatikan lokasi

Percayalah, Anda tidak akan mau berinvestasi di wilayah-wilayah yang sudah maju. Pertama, karena harganya sangat tinggi, dan kedua, keuntungannya tidak sebanding dengan harga yang Anda beli. Sebaliknya, berinvestasi di wilayah yang sedang berkembang dapat menjadi pilihan yang lebih bijak.

Coba untuk mencari tahu wilayah yang memiliki pertumbuhan modal tertinggi dan harga sewa di atas rata-rata. Cara lainnya adalah dengan melihat wilayah yang memiliki jumlah angkatan kerja tinggi, karena biasanya angkatan ini sedang gencar mencari tempat tinggal.


4. Pertimbangkan faktor-faktor pertumbuhan

Masih berkaitan dengan lokasi, ada tiga faktor yang harus Anda perhatikan saat mencari tempat untuk berinvestasi, yakni hasil sewa, keuntungan modal, dan pertumbuhan harga sewa. Cari wilayah yang ketiga faktornya memiliki peningkatan di setiap tahun, bukan penurunan. Semakin tinggi pertumbuhannya, semakin tinggi pula hasil yang Anda dapat.

5. Pastikan surat-surat lengkap

Beberapa wilayah memang menjanjikan Anda menjadi kaya, namun hal ini tidak akan terjadi jika Anda tidak memperhatikan kelengkapan suratnya. Tanah, rumah, atau pun apartemen dengan surat-surat yang tidak lengkap akan rawan disengketakan.

Perhatikan surat-surat seperti surat kepemilikan tanah, akta jual beli, izin mendirikan bangunan, dan pajak bumi bangunan. Memusingkan? Ya, kami akui. Tapi tenang, Anda tidak perlu menjadi sarjana hukum untuk membeli properti, karena melibatkan notaris setempat dapat menjadi pilihan untuk membimbing proses jual beli tersebut.

TEKS: HAVIERA RAHMA
EDITOR: HAPPY FERDIAN
FOTO: DOK. ESQUIRE
Source: Esquire

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

Baca juga:
Aktor Michael Fassbender jadi pembalap Ferrari
Rahasia mengapa fisik Cristiano Ronaldo sangat kuat
Blueberry, Buah paling sehat di dunia

 

Share it