Inilah Daftar Negara yang Telah Melegalkan Ganja Bagi Warganya

53
Inilah Daftar Negara yang Telah Melegalkan Ganja Bagi Warganya

Legalisasi ganja menjadi perbincangan belakangan ini setelah negara Thailand melegalkan kepemilikan ganja untuk para warganya. Selain Thailand, sebelumnya juga ada beberapa negara yang terlebih dahulu melegalkan ganja untuk berbagai keperluan.

Negara Thailand menjadi sorotan setelah melegalkan ganja sekaligus menjadi negara di Asia pertama yang mendekriminalisasi atau melegalkan warganya menanam ganja. Menteri Kesehatan Thailand, Anutin Charnvirakul mengumumkan bahwa ganja gak lagi masuk dalam daftar obat terlarang dalam Badan Pengawas Pangan dan Obat negara tersebut.

Sebelumnya, negara Thailand telah memasukan ganja dalam daftar obat-obatan terlarang di negara tersebut. Pada tahun 2020 lalu, negara Gajah Putih tersebut mulai melegalkan ganja untuk keperluan pengobatan dan tahun 2022 ini mereka melegalkan kepemilikan ganja bagi warganya.

Inilah Daftar Negara yang Telah Melegalkan Ganja Bagi Warganya

Tanaman ganja banyak diberitakan mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan. Bahkan, terbaru ada sebuah penilitian yang menunjukkan indikasi ekstrak dari tanaman ganja dapat mencegah masuknya virus corona ke dalam sel tubuh yang dipubilkasikan oleh Journal of Natural Products.

Sebelumnya Thailand, terdapat beberapa negara di dunia yangjuga telah terlebih dahulu melegalkan ganja untuk berbagai keperluan, termasuk keperluan rekreasi.

Berikut daftar negara yang telah melegalkan ganja bagi warganya, dilansir dari situs Deutsche Welle.

  1. Belanda (1976)
  2. Uruguay (2013)
  3. Jamaica (2015)
  4. Portugal (2001)
  5. Canada (2018)
  6. Amerika Serikat
  7. Georgia (2018)
  8. Afrika Selatan (2018)
  9. Mexico (2021)

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it