Intip Besaran Biaya F1 Sekali Balapan

90
Intip Besaran Biaya F1 Sekali Balapan

Olahraga balap Formula 1 atau lebih akrab dengan nama F1 bisa dikatakan sebagai salah satu olahraga yang memili biaya termahal. Sampai sekarang belum banyak yang mengetahui mengenai berapa besaran biaya F1 sekali balapan. Kira-kira berapakah biaya menyelenggarakan F1 sekali balap? Simak ulasan lengkapnnya berikut ini.

Intip Besaran Biaya F1 Sekali Balapan

Melansir dari oto.detik.com biaya satu kali penyelenggaraan race membutuhkan dana sekitar Rp 1,1 triliun. Hal yang membuatnya begitu mahal adalah karena setiap negara yang menggelar F1 harus membayar Commitment Fee dengan nilai tinggi dan masing-masing negara memiliki perbedaan.

Vietnam yang sempat berencana menggelar balapan F1 pada 2020 harus membayar commitment fee sebesar 42,9 juta dollar AS atau setara dengan Rp 587 miliar. Demikian dikutip dari Vietnam Investment Review. Negara lainnya seperti Azerbaijan, Rusia, Bahrain, dan Uni Emirat Arab diketahui membayar hingga USD 60 juta, atau sekitar Rp 821 miliar untuk sekali balapan.

Intip Besaran Biaya F1 Sekali Balapan

Commitment fee tersebut masih belum mencakup keseluruhan biaya menggelar F1. Perlu ada biaya tambahan dengan cost penyelenggaraan, ini merupakan jumlah yang harus dikeluarkan promotor untuk mengelar tiga hari balapan hingga segala persiapannya.

Baca Juga: Art Jakarta Gardens 2022 Hadir Sajikan Konsep Baru & Inovatif

Masih terdapat biaya yang harus dikeluarkan seperti merakit mobil F1 oleh setiap kontestan. Diketahui untuk merakit 1 unit mobil f1 butuh biaya sebsar US$ 10 juta atau sekitar Rp 143 miliar. Dengan demikian, hitungan kasar menganai biaya satu kali balapan adalah lebih dari 1 triliun rupiah.

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it