Jaga kembali kesehatan tubuh setelah lebaran

41

Brava Listeners, banyak sekali diantara kita yang malah menderita penyakit setelah lebaran tahun ini seperti asam urat, darah tinggi, ataupun kolesterol yang naik dikarenakan pola konsumsi kita saat lebaran kurang terjaga.

Dalam Health Corner bersama dr. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, dokter spesialis penyakit dalam dari rumah sakit Cipto Mangunkusumo, memaparkan beberapa cara bagi kita untuk tetap dapat menjaga kesehatan setelah lebaran berlalu.

1. Check up secepatnya

Jika Anda memiliki masalah kesehatan sebelumnya, ini adalah saatnya untuk check-up. Baik ke dokter, ataupun bisa ke laboraturium. Untuk mengetahui apakah terjadi gangguan dalam darah kita.

2. Perbanyak makan buah dan sayur

Makanan lebaran memang sudah habis, tapi masalahnya sekarang adalah pembantu belum kembali lagi. Akhirnya kita harus membeli makanan di luar. Untuk menjaga tubuh tetap sehat, pilihlah makanan yang banyak buah dan sayurannya.

3. Manfaatkan waktu luang untuk olahraga

Setelah libur kurang lebih satu minggu, dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk bersama dengan keluarga atau mungkin untuk beristirahat, sepertinya tubuh kita menjadi lebih jarang bergerak.

Minggu-minggu pertama masuk kerja pun juga sepertinya terasa tidak mungkin untuk dapat melakukan olahraga, karena bisa dipastikan pekerjaan-pekerjaan yang sudah menumpuk. Cara mudahnya adalah, manfaatkan saja jalan. Dengan berjalan, tubuh kita tetap bergerak, yang penting tetap terjadi olahraga.

4. Jangan takut dengan timbangan berat badan

Brava Listeners, memang berat rasanya untuk menimbang berat badan kita setelah lebaran. Tapi jangan takut untuk menimbang berat badan kita. Agar kita tahu sudah seberapa jauh berat badan kita naik. Jika badan sudah terasa tidak enak, ada baiknya untuk melakukan check up ke dokter.

Brava Listeners, terus dengarkan Brava Radio di 103.8 FM atau bisa melalui streaming di sini.

[teks Adhi Satria | foto timelady.ru]

Baca juga:
Berwisata alam dalam 24 jam di Swiss
Ini manfaat yang akan Anda dapat dari kacang hijau
Makanan lezat kaya serat

 

Share it