Jamiroquai – Virtual Insanity [1996]

31
Jamiroquai - Virtual Insanity

Ditulis oleh vokalis Jamiroquai Jason Kay dan pemain keyboard Toby Smith, “Virtual Insanity” memperingatkan tentang ancaman teknologi yang berbahaya dan kontrolnya yang semakin meningkat terhadap umat manusia. Kay bernyanyi:

Futures made of virtual insanity

Now always seem to be governed by this love we have

For useless, twisting, all our new technology

“But I’ll never get the credit for it,” kata Kay kepada Esquire, mengingat keprihatinannya terhadap utang negara dunia ketiga dan isu-isu lingkungan dari album debut grup ini, Emergency on Planet Earth.

“Just like I’ll never be credited for releasing a song called ‘Virtual Insanity’ about genetic engineering the day before Dolly the sheep is on the front of every newspaper.”

Lagu ini dikenal dengan video musiknya yang inovatif, disutradarai oleh Jonathan Glazer dengan bantuan kreatif dari pendiri Smoke & Mirrors, Sean Broughton. Video ini menunjukkan Jay Kay menari di atas lantai abu-abu yang bergoyang sementara perabotan di sekelilingnya tetap diam, kecuali jika dia memerintahkannya untuk bergerak.

Meskipun Kay terlihat seperti meluncur di sepanjang ban berjalan raksasa, triknya tidak terletak pada lantai sama sekali, tetapi pada dinding, yang dibuat untuk bergerak di sekitar lantai yang tidak bergerak.

Baca juga : Seal -Prayer for The Dying [1994]

Video ini memenangkan empat (dari sepuluh nominasi) MTV Video Music Awards pada tahun 1997: Breakthrough Video, Video of the Year, Best Special Effects in a Video, and Best Cinematography in a Video.

MTV Jamiroquai

Untuk penampilannya di MTV, Jay Kay benar-benar menari di atas lantai yang bergerak. Dua lantai yang bergerak, menuju ke arah yang berbeda, disiapkan di atas panggung untuk menciptakan ilusi video tersebut.

Share it