Jangan Injak Rem Saat Pecah Ban di Tol, Ini Tipsnya

89
Jangan Injak Rem Saat Pecah Ban di Tol, Ini Tipsnya

Salah satu hal yang patut diwaspadai ketika sedang berkendara mobil di jalan tol adalah insiden pecah ban. Ternyata, ketika mengalami pecah ban di tol, jangan langsung injak rem.

Insiden pecah ban cukup sering terjadi saat di tol. Banyak yang belum mengerti mengenai tindakan pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi ketika pecah ban di tol.

Baru-baru ini telah beredar video di media sosial mengenai Mitsubishi Xpander tergeletak dalam posisi terbalik di jalan tol. Video ini  diunggah oleh akun Instagram @jabodetabek.terkini.

Kecelakaan tunggal tersebut terjadi sebelum keluar pintu tol Bogor disebabkan pecah ban. Dalam hal ini, sang sopir salah dalam menyikapi insiden pecah band tersebut.

“Kecelakaan terjadi dikarenakan pecah ban, korban luka-luka berjumlah 4 orang, kini sudah dalam penanganan petugas terkait,” tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

Jangan Injak Rem Saat Pecah Ban di Tol, Ini Tipsnya

Lakukan Ini Saat Ban Mobil Pecah

Tindakan pertama yang perlu dilakukan ketika pecah ban di tol adalah jangan injak pedal rem karena dapat mengakibatkan mobil terbalik serta jangan panik. Hal ini diungkap oleh Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre.

“Jangan mengerem. Saat mengerem, maka kemungkinan mobil terbalik besar. Kemudian, tahan kemudi dan kurangi kecepatan,” kata Marcell.

Baca Juga: Drakor Mulai Geser Popularitas Hollywood di Streaming Online

Selanjutnya diungkap Marcell lakukan engine brake agar mobil dengan transmisi matik, bisa dengan memindahkan tuas transmisi ke posisi L. Kemudian pinggirkan kendaraan dan setelah keceptan mulai turun di bawah 15 kilometer per jam, mulai aplikasikan pengereman.

Maka dari itu, sebelum berkendara mobil disarankan untuk mengecek tekanan udara ban. Pecah ban terjadi akibat tekanan udara ban yang kurang.