Jeff Bezos Dinilai Meniru Bisnisnya, Elon Musk: Mungkin Kebetulan

31

CEO Amazon, Jeff Bezos dinilai meniru setiap bisnis yang dibangun oleh Elon Musk. Hal ini pun mendapat reaksi dari Elon Musk yang menganggap itu semua hanyalah kebetulan.

Jeff Bezos dan Elon Musk terlihat saling berkompetisi satu sama dari segi bisnis. Terlihat dari beberapa langkah bisnis keduanya yang mengambil sektor industri yang sama.

Dimulai ketika Elon Musk mendirikan SpaceX, yang merupakan perusahaan transportasi luar angkasa. Tak lama berselang, Bezos pun membangun Blue Origin, yang juga perusahaan jasa penerbangan luar angkasa

Perusahaan mobil listrik Tesla milik Elon Musk juga bersaing dengan mobil listrik yang didirikan Jeff Bezos. Bezos mendirikan Rivian, yang merupakan startup mobil listrik.

Hal ini kemudian dinilai oleh tech enthusiast Kim Dotcom, langkah bisnis Elon Musk ditiru Jeff Bezos. Namun, Musk menganggap bahwa Bezos tidak sengaja untuk meniru dirinya.

“Elon membangun roket, Jeff meniru Elon. Elon membangun mobil listrik, Jeff meniru Elon. Elon membangun hubungan otak-komputer, Jeff meniru Elon bersama Bill yang meniru Steve,” tulis @KimDotcom di Twitter, diikuti dengan emoji tertawa.

“Mungkin itu kebetulan🤷,” sahut Musk.

Meski begitu, Elon Musk pernah menyebut bahwa Jeff Bezos adalah seorang ‘copycat’ alias peniru pada tahun 2019 lalu. Hal ini dikarenakan Project Kuiper yang diluncurkan oleh Amazon disebut meniru sistem Starlink SpaceX.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah