Jepang Juara Grup Neraka, Bekuk Spanyol dan Lolos 16 Besar

434
Jepang Juara Grup Neraka, Bekuk Spanyol dan Lolos 16 Besar

Negara perwakilan Asia di Piala Dunia 2022 Qatar, Jepang berhasil menjadi kuda hitam usai menjadi juara grup neraka dan lolos ke babak 16 besar.

Jepang merupakan negara yang tidak diunggulkan. Pasalnya negeri sakura itu berada di grup neraka yang berisi negara-negara besar sepak bola seperti Jerman, Spanyol dan Kosta Rika. Namun siapa sangka, Jepang justru berhasil mengalahkan Jerman dan Spanyol dan hanya menelan satu kekalahan saat melawan Kosta Rika.

Jepang Juara Grup Neraka, Bekuk Spanyol dan Lolos 16 Besar

Pada laga penentu grup E, Jumat (2/12/22) Jepang memastikan langkahnya ke 16 besar setelah mengalahkan Spanyol dengan skor 2-1. Jepang benar-benar membuat kejutan di Piala Dunia 2022. Tim Samurai Biru berhasil mengalahkan Spanyol di Stadion Khalifa International, Doha, Qatar.

Detail babak penentuan begitu menegangkan, Spanyol sempat unggul di babak pertama lewat sundulan Alvaro Morata di menit ke-11. Striker Atletico Madrid itu sukses menuntaskan umpan silang Cesar Azpilicueta.

Di babak kedua, Jepang mencoba bangkit dan menambah intensitas serangan. Hasilnya, tembakan keras Ritsu Doan dari luar kotak penalti pada menit ke-48 sukses mengoyak gawang Spanyol yang dikawal Unai Simon.

Jepang Juara Grup Neraka, Bekuk Spanyol dan Lolos 16 Besar

Tiga menit berselang, Jepang kembali membuat kejutan lewat gol yang dilesakkan Ao Tanaka dari jarak dekat usai menyambut umpan tarik Kaoru Mitoma dari sisi kiri. Wasit sempat meninjau VAR karena bola diduga sudah keluar garis sebelum Mitoma melepaskan umpan. Beruntung wasit tetap mengesahkan gol tersebut. Jepang pun unggul 2-1.

Dengan hasil tersebut Jepang akan berhadapan dengan Kroasia pada babak 16 besar E dengan enam poin. Sementara Spanyol tetap lolos sebagai runner up karena unggul selisih gol atas Jerman dan akan berhadapan dengan Maroko di babak 16 besar.

Baca Juga: Cristiano Gabung Klub Arab Saudi, Digaji RP3,1 Triliun Pertahun

Menurut Brava Listeners, bisakah Jepang kembali membuat kejutan di Piala Dunia 2022 Qatar?

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it