Jorge Lorenzo Juara Dunia di Grand Finale

67
Jorge Lorenzo

Setelah melalui race yang menegangkan pada seri terakhir MotoGP di Valencia, akhirnya Jorge Lorenzo memastikan diri sebagai juara dunia MotoGP 2015.

Dua pekan terakhir, dunia balap motor kelas MotoGP cukup panas setelah insiden yang melibatkan pebalap Movistar Yamaha MotoGP Valentino Rossi dan Marc Marquez dari Repsol Honda.

Rossi menuduh Marquez secara tidak sportif menghalangi usahanya bersaing menjadi juara dunia dengan Lorenzo yang hanya tertinggal 7 poin dari dirinya. Sementara Marquez menilai Rossi menendangnya menggunakan lutut sehingga ia terjatuh saat balapan di Sirkuit Sepang, Malaysia, 25 oktober lalu. Akibatnya, Rossi harus menerima hukuman pengurangan nilai dan start dari grid terbelakang saat balapan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu (8/11).

Meski demikian, pebalap asal Italia itu tetap menunjukkan tajinya untuk mengejar Lorenzo yang start dari pole position. Begitu lampu hijau dinyalakan, Rossi memacu motor Yamaha YZR-M1 nya secepat mungkin dan berhasil melewati enam pebalap sekaligus begitu memasuki tikungan pertama Sirkuit Ricardo Tormo.

Selanjutnya, setahap demi setahap peraih gelar enam kali juara dunia MotoGP itu berhasil memperbaiki posisinya hingga ke posisi keempat. Sayangnya hingga lap terakhir, Rossi tak bisa mengejar posisi ketiga dan kedua yang ditempati para pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa dan Marquez sehingga ia harus puas di posisi keempat dengan selisih 5 poin di bawah Lorenzo.

Sementara, Lorenzo yang memulai lomba dari posisi paling depan seperti tak tertandingi oleh para saingannya. Pebalap asal Spanyol ini melakukan start dengan baik dan langsung melesat di depan tanpa dapat dikejar Marquez dan Pedrosa hingga akhir lomba. Dengan kemenangan ini, Lorenzo telah memiliki gelar juara dunia MotoGP ketiga kalinya [2010, 2012, 2015]. Sementara Rossi yang finish di posisi keempat pada balapan yang dijuluki sebagai The Grand Finale itu menduduki peringkat kedua dalam pengumpulan poin musim ini.

[Teks: @moehakam | Foto: MotoGP.com]

Share it