Juara Barista Australia Bocorkan Rahasia Membuat Kopi Rumahan Ala Kafe

188
Juara Barista Australia Bocorkan Rahasia Membuat Kopi Rumahan Ala Kafe

Apakah Anda pernah membuat kopi di rumah, namun rasanya tidak seenak seperti kopi yang dijual di kafe-kafe? Juara Australian Barista Champion 2019, Mathew Lewin mengungkapkan rahasia membuat kopi enak ala kafe di rumah.

Jika Anda melihat kafe-kafe yang berjualan kopi, rata-rata memiliki peralatan yang lengkap untuk membuat kopi yang berkualitas. Mesin-mesin yang dimiliki pun berhaga jutaan rupiah.

Namun, Mathew Lewin mengatakan jika peralatan mesin yang dimiliki kafe di tempat kopi hanyalah sebuah fasilitas. Hal ini tidak menentukan enak atau tidaknya rasa dari kopi tersebut tersebut.

Juara Barista Australia Bocorkan Rahasia Membuat Kopi Rumahan Ala Kafe

Hal utama untuk membuat kopi enak adalah bahan yang berkualitas. Kopi yang berkualitas berasal dari biji dan roasting yang baik.

“Ada banyak sekali kopi bagus sekarang ini. Orang-orang telah melakukan roasting pada biji kopi dengan lebih baik. Mulai dari perkebunan hingga cangkir, kopi saat ini merupakan produk yang lebih baik dari sebelumnya,” ujar Lewin.

Anda juga tidak memerlukan mesin kopi yang berharga mahal untuk membuat kopi di rumah. Cukup menggunakan filter atau penyaring untuk menyeduh kopi di rumah agar lebih praktis.

“Kau tak memerlukan sebuah mesin espresso untuk menjelajahi dunia kopi baru. Ada filter coffee yang relatif murah,” kata Mathew Lewin.

“Ambil beberapa kertas filter dan seduh kopi, kita akan mendapatkan secangkir kopi yang bisa dinikmati selama lebih dari lima atau 10 menit, lebih lama dari espresso mungil biasa,” ujarnya.

Salah satu alat praktis juga untuk membuat kopi enak ala kafe di rumah yakni penggiling kopi atau grinder. Menurut Lewin, grinder juga menentukan enaknya rasa kopi yang dibuat.

“Itu bisa berupa hand grinder yang diputar dengan tangan atau grinder elektrik. Memiliki grinder yang bagus rasanya seperti seorang koki yang memiliki pisau bagus,” ungkapnya.

Lewin juga memberikan tips ketika membuat kopi bayangkan seperti membuat kue. Salah satunya seperti memilih bahan-bahan yang bagus dan takaran untuk setiap bahan yang dimasukkan.

“Saat membuat kopi, pikirkanlah berapa banyak ‘tepung’ dan bahan kering lainnya yang dibutuhkan, juga berapa banyak bahan cair yang harus dimasukkan ke dalam ‘kue’ kita,” ujarnya.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it