Kampong Ayer, Venesia dari Timur yang dekat dengan Indonesia

440

Brava Listeners, bila Anda jenuh dengan pemandangan lalu lintas darat kota Jakarta yang padat, dan ingin mencari suasana pedesaan yang di kelilingi sungai, bak Venesia di Italia, silakan berlibur ke Kampong Ayer di Brunei Darussalam!

Kampong Ayer ini dijuluki Venesia dari Timur. Lokasi persisnya di Ibukota Brunei Bandar Seri Begawan, tepatnya di Teluk Brunei.

Dahulu setengah populasi Brunei tinggal Kampong Ayer. Tapi kini, jumlah penduduk yang menetap di Kampong Ayer sekitar 39 ribu orang atau lebih kurang, sepersepuluh total penduduk Brunei.

Diperkirakan, Kampong Ayer berdiri 1500 tahun lalu. Dan saat ini lebih dari 4200 bangunan termasuk rumah, sekolah, kantor polisi, masjid, dan pemadam kebakaran berdiri di sini di atas air sungai Brunei.

Penghubung antar bangunan adalah jembatan pejalan kaki sepanjang 29.140 meter. Tersedia water taxis yang berbentuk sampan dengan mesin penggeraknya, bila Anda tak ingin terlalu lelah menjelajah kampung air ini.

Ada juga cara singkat untuk mengetahui sejarah dan kehidupan di desa ini. Kunjungi saja Kampong Ayer Cultural & Tourism Gallery yang berada tepat di seberang Sungai Kianggeh.

Komplek edukasi ini dibuka tahun 2009 yang dibangun dengan tujuan mengenalkan sejarah, gaya hidup, dan kerajinan dari penduduk Kampong Ayer. Biasanya, selalu ada pertunjukkan pembuatan karya seni tradisional di sini.

Belum lama ini, dua tahun lalu [2013-2014], Kampong Ayer sebagai sejarah dan tempat wisata menarik di Brunei, ditingkatkan lagi fasilitas dan infrastrukturnya. Yakni pembangunan rumah dua tingkat berkonsep modern tepat di tengah kampung terapung ini.

Bila Anda tertarik berlibur ke sini, ada penawaran spesial dari maskapai nasionalnya, Royal Brunei Airlines. Dalam paket Golden Legacy-nya selama 3 hari 2 malam, Kampong Ayer adalah bagian dari destinasi yang bakal dinikmati.

Kampong Ayer akan menjadi destinasi wisata di hari kedua. Dengan mengambil paket perjalanan ini, Anda juga diajak mengunjungi dua masjid besar di Bandar Seri Begawan, yaitu Masjid Jame’ Asr Hassanil Bolkiah dan Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien.

Selengkapnya, klik tautan ini untuk pemesanan dan itinerary-nya.

 

Share it