KBRI Di Tokyo Jepang Gelar Wayang Kulit Virtual Berbahasa Jepang Untuk Sambut Kemerdekaan Indonesia Ke-76

23
KBRI Di Tokyo Jepang Gelar Wayang Kulit Virtual Berbahasa Jepang Untuk Sambut Kemerdekaan Indonesia Ke-76

Dalam rangkan menyambut kemerdekaan Indonesia yang ke-76 pada 17 Agustus 2021, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo, Jepang menggelar pementasan Wayang Kulit di Wisma Duta, Minggu (15/8/2021).

KBRI Di Tokyo Jepang Gelar Wayang Kulit Virtual Berbahasa Jepang Untuk Sambut Kemerdekaan Indonesia Ke-76

Beragam cara dilakukan untuk menyambut kemerdekaan Indonesia yang ke-76. Termasuk salah satunya dilakukan pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo menggelar pementasan Wayang Kulit secara virtual. Hal ini dilakukan untuk mempererat hubungan antara negara Jepang dan Indonesia dalam melestarikan tradisi dan budaya.

“Indonesia dan Jepang dikenal sebagai bangsa yang memiliki filosofi hidup yang mendalam. Lakon Dewa Ruci berkisah tentang pencarian makna hidup. Semoga ini semakin mempererat tali persaudaraan masyarakat Indonesia dan Jepang sebagai bangsa yang melestarikan tradisi, filosofi dan warisan budaya,” kata ¬†Dubes Heri dalam siaran pers KBRI Tokyo.

Ki Dalang Rofit Ibrahim dari grup HanaJoss  bertugas menjadi dalang dalam pementasan wayang kulit secara virtual tersebut dalam lakon Dewa Ruci. Diiringi dengan grup gamelan Lambang Sari.

Pementasan ini dihadiri oleh para pemimpin perusahaan dan asosiasi bisnis Jepang. Selain itu, juga turut mengundang Direktur Jenderal/Asisten Menteri Urusan Global Kementerian Luar Negeri Jepang Keiichi Ono dan Ibu Hikariko Ono, mantan Dubes Jepang untuk Indonesia, Ishii Masafumi dan Ibu Sayoko Ishii.

Ishii Masafumi mengaku kagus terhadap aksi wayang yang ditampilkan. Ia juga turut mengucapkan hari jadi kemerdekaan Indonesia yang ke-76.

“Selamat memperingati HUT RI ke-76. Ini hari yang membahagiakan dengan penyelenggaraan wayang kulit ini. Saya terkesan dengan wayang yang dikemas dalam bahasa Jepang. Favorit saya adanya selipan adegan humor dalam acara wayang ini,” ujar Ishii Masafumi.

Baca Juga : Tisu Bekas Air Mata Lionel Messi Saat Berpisah Dari Barcelona Dijual Rp 14 Miliar

Berikut pergelaran Virtual Wayang Kulit Lakon Dewa Ruci dalam Rangka Perayaan HUT ke-76 RI oleh KBRI Tokyo:

 

Penulis : Rifqi Fadhillah

Share it