Kekayaan Para Petinggi Dunia Teknologi Merosot, Siapa Saja?

59

Beberapa petinggi teknologi kini harus merasakan penyusutan yang terjadi dalam harta kekayaannya. Bos-bos seperti pemilik Twitter Elon Musk hingga CEO Meta Mark Zuckerberg, harta kekayaannya telah menyusut.

Laporan terbaru telah dibagikan oleh The Wall Street Journal yang menghimpun data dari peringkat harian orang-orang terkaya di dunia. Beberapa kekayaan miliarder di industri teknologi banyak yang menguap berdasarkan laporan tersebut.

Beberapa faktor menurut The Wall Street Journal seiring dengan penyusutan kekayaan dari bos-bos teknologi adalah mulai dari perlambatan ekonomi Amerika Serikat karena kenaikan suku bunga acuan The Fed, kekhawatiran akan potensi resesi di AS, serta tiga indeks saham terbesar di bursa saham AS Wall Street yang turun.

Berikut ini beberapa miliarder dunia teknologi yang kekayaannya mengalami pemrosotan.

Mark Zuckerberg

Kekayaan Mark Zuckerberg turun drastis sepanjang tahun 2022 ini. Bayangkan, CEO Meta tersebut harus kehilangan kekayaan bersihnya mencapai 89,4 miliar dollar AS atau setara Rp 1.397,3 triliun di tahun ini.

Menurut data  Bloomberg Billionaires Index tanggal 1 November 2022, total kekayaan bersih Mark Zuckerberg saat ini sekitar  36,1 miliar dollar AS atau kira-kira Rp 564 triliun. Alhasil, posisi Zuckerberg sebagai urutan ke-10 orang paling kaya di dunia, tergeser menjadi ke posisi ke-29.

Jeff Bezos

Sepanjang tahun 2022 ini, pendiri Amazon Jeff Bezos juga harus kehilangan 66,8 miliar dollar AS (sekitar Rp 1.043,9 triliun). Jeff Bezos sendiri saat ini berada di urutan keempat sebagai orang terkaya sedunia, dengan kekayaan mencapai 126 miliar dollar AS (kira-kira Rp 1.969 triliun).

Bill Gates

Bill Gates juga mengalami nasib yang sama dengan miliarder lainnya, dengan kehilangan harta sebesar 27,5 miliar dollar AS (sekitar Rp 429,6 triliun) sepanjang tahun 2022 ini. Saat ini Bill Gates tercatat sebagai orang terkaya kelima di dunia dengan kekayaan bersih 111 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.734,3 triliun.

Baca Juga: Gara-Gara Pecat Tiga Eksekutif Twitter, Elon Musk Harus Bayar Rp3,1 Triliun

Elon Musk

Elon Musk  yang baru saja membeli Twitter, juga mengalami penyusutan dalam harta kekayaannya. Per 1 November ini, harta kekayaan Musk lenyap sebesar 67 miliar dollar AS atau setara Rp 1.047 triliun.

Meski begitu, Elon Musk masih menempati urutan pertama sebagai orang paling kaya sedunia dengan total kekayaannya mencapai USD 270,1 miliar atau sekitar Rp 3.986 triliun.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it