Kembali Tak Lolos ke Piala Dunia, Ada Apa Dengan Italia?

30
Kembali Tak Lolos ke Piala Dunia, Ada Apa Dengan Italia?

Timnas Italia kembali gagal lolos ke Piala Dunia 2022 usai dikalahkan oleh Makedonia Utara di babak play-off, Jumat (25/3/2022). Ini merupakan yang kedua kalinya secara beruntun timnas Italia tak mampu melangkah ke turnamen Piala Dunia.

Timnas Italia tak disangka kalah dari Makedonia Utara dengan skor tipis 0-1 di Stadio Renzo Barbera, Palermo. Hal yang menyedihkan gol dari Makedonia Utara dicetak pada menit akhir ke-90(+1) oleh Aleksandar Trajkovski.

Kembali Tak Lolos ke Piala Dunia, Ada Apa Dengan Italia?

Padahal pelatih timnas Italia, Roberto Mancini sendiri menurunkan sejumlah pemain terbaiknya seperti Gianluigi Donnarumma, Gianluca Mancini, Jorginho, Verratti Emerson hingga Giorgio Chiellin. Giorgio Chiellini merasa sangat kecewa atas kekalahan yang membuat timnas Italia kembali gagal lolos ke Piala Dunia.

“Sulit untuk dijelaskan. Ada kekecewaan besar hari ini,” kata Giorgio Chiellini dikutip Tutto Mercato Web, Jumat (25/3/2022).

Kegagalan ini adalah menjadi kali kedua bagi timnas Italia gagal untuk melaju ke putaran final Piala Dunia. Sebelumnya, Gli Azzuri harus juga angkat koper dari Piala Dunia 2018 setelah hanya mampu finis kedua di Grup C setelah mengumpulkan 16 poin dari delapan pertandingan, terpaut dua angka dari Swiss.

Kembali Tak Lolos ke Piala Dunia, Ada Apa Dengan Italia?

Kegagalan dari Italia tak lolos Piala Dunia 2022 yang akan diselenggarakan di Qatar ini terbilang sangat mengejutkan. Hal tersebut karena Gli Azzuri merupakan juara dari EURO 2020.

Nampaknya, taktik Ceatenaccio atau taktik pertahanan grendel dari timnas Italia sudah mulai kehilangan magisnya. Taktik seni bertahan ini sebelumnya membuat timnas Italia tidak terkalahkan dalam 33 pertandingan beruntun hingga membuat mereka menjuarai Piala Eropa 2020.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it