Kenali Ciri-Ciri Modus Kejahatan Skimming di ATM

56
Kenali Cir-Ciri Modus Kejahatan Skimming di ATM

Modus kejahatan skimming sering memakan banyak korban, khususnya bagi orang yang melakukan transaksi di ATM. Skimming sendiri merupakan tindakan kejahatan pencurian data pengguna ATM dengan tujuan membobol rekening korbannya.

Para pelaku kejahatan tersebut biasanya memasang alat khusus berupa scammer yang akan merekam informasi kartu secara otomatis di  di ATM. Untuk menghindari hal tersebut, Brava Listeners dapat mengenali ciri-ciri ATM yang telah dipasang alat skimming.

Kenali Cir-Ciri Modus Kejahatan Skimming di ATM

Alat tersebut berbentuk mirip seperti tempat slot kartu ATM. Saat korban memasukkan kartu ke sana, alat scammer akan merekam informasi kartu secara otomatis. Pakar keamanan siber dan pendiri Ethical Hacker Indonesia, Teguh Aprianto menjelaskan korban modus skimming ini bisa siapa saja dan nasabah bank apapun.

Kenali Cir-Ciri Modus Kejahatan Skimming di ATM

Pada bagian atas penutup ATM yang sudah di skimming biasanya terdapat kamera yang bertugas merekam PIN ATM yang dimiliki oleh nasabah. Untuk itu Teguh mengingatkan selalu memeriksa mesin ATM yang sedang digunakan.

Kenali Cir-Ciri Modus Kejahatan Skimming di ATM

“Biasakan setiap mau transaksi di ATM manapun, raba di bagian atas langit-langit penutup tombol sebelum masukin PIN ATM,” jelas Teguh melansir dari CNBC Indonesia.

Baca Juga: Triliuner Sam Bankman-Fried Akan Mendonasikan 99 Persen Kekayaannya.

Selain itu, Teguh juga menjelaskan yang menjadi sasaran para pelaku kejahatan adalah mesin ATM yang diletakkan di lokasi sepi. Seperti halnya di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Untuk menghindarinya, Teguh menyarankan untuk melakukan transaksi tanpa kartu atau disebut cardless.

Semoga bermanfaat Brava Listeners!

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it