Kereta Api Panoramic Pertama di Indonesia Meluncur dalam Waktu Dekat

14

Pengalaman menaiki kereta api dengan pemandangan panoramic akan segera hadir untuk pertama kalinya di Indonesia. Pihak PT KAI saat ini sedang melakukan tahap uji coba dan membeberkan kapan Kereta Api Panoramic akan diluncurkan.

Diketahui, PT KAI memodifikasi kereta pengumpang kelas eksekutif menjadi kereta panoramic pertama di Indonesia. Dalam kereta dipasangi sunroof dan kaca yang lebih besar ketimbang kaca pada kereta api umumnya.

Penumpang yang berada dalam Kereta Api Panoramic pun dapat melihat pemandangan di luar kaca dengan lebih luas dan terbuka. Kereta Api Panoramic ini terinspirasi dari Panoramic Train terkenal dioperasikan di Swiss dengan pemandangan gunung Alpen.

Saat ini Kereta api panoramic pertama di Indonesia sedang dalam tahap uji laik secara statis maupun dinamis oleh tim penguji sarana perkeretaapian dari Balai Pengujian Perkeretaapian. Diungkap oleh, Direktur Niaga PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero, Hadis Surya Palapa, bahwa Kereta Api Panoramic akan segera diluncurkan dan bisa coba publik antara satu sampai dua bulan ke depan.

“Kami tidak ingin buru-buru tapi nanti hasilnya malah tidak maksimal. (Jadi) kami siapkan mudah-mudahan pada satu atau dua bulan ke depan sudah bisa diluncurkan, jadi mohon bersabar,” kata Hadis Surya Palapa dilansir Kompas.com.

Masih ada beberapa hal yang masih perlu dikerjakan, salah satunya pada bagian interior di Kereta Api Panoramic.

“Secara teknis sudah memadai, sudah memenuhi syarat, tinggal kami touch up, bagaimana ini sesuai dengan ekspektasi masyarakat, bisa menemukan kereta yang betul-betul berbeda, kereta yang selama ini tidak diduga tapi akan ada,” ujarnya.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it