Ketertarikan Jeffri Tanudjaja terhadap dunia properti

206

Dalam program #TheCaptain bersama Ferdy Hasan, 1 September 2016, Jeffri Tanudjaja, Vice President Director of PT Metropolitan Kentjana menjadi tamu spesialnya dan bercerita bagaimana mencintai dunia properti dan perjalanan karirnya.

Sebelumnya Jeffry Tanudjaja juga pernah membahas mengenai tax amnesty.

Q : Apa yang membuat anda tertarik untuk berkarier di bidang properti? Sebelum di MKPI anda berkarir di mana?

A : Mungkin berkaitan dengan latar belakang pendidikan saya, saya kuliah di teknik sipil. Jadi begitu lulus, pemikiran saya simpel, saya harus bekerja di bidang yang berkaitan dengan pembangunan.

Awalnya saya pernah mencoba software company, hanya 3 bulan saya tidak tahan kerjanya cuma duduk saja. Setelah itu saya pindah ke kontraktor, setelah 2 tahun saya pindah ke developer, lalu tahun 1991 saya masuk ke Grup Murdaya.

Lalu tahun 2002 Grup Murdaya membeli saham Salim Group di Pondok Indah Group, sejak itu saya banyak di Pondok Indah Group.

Q : Agar perusahaan bisa sustainable, inovasi apa yang anda terapkan di perusahaan sehingga MKPI tetap menjadi salah satu properti berkelas dunia?

A : Kalau kita lihat salah satu pendapatan terbesar MKPI kan dari mall kami, maka yang kami lakukan di mall itu adalah inovasi yang berkaitan dengan bagaimana cara menarik crowd, namun crowd yang tepat.

Oleh karena itu, di bagian marketing, promosi memang sangat penting. Pondok Indah Mall merupakan satu-satunya mall di Indonesia yang bisa mengadakan Show Flying Therapist, lalu juga show-show lain yang membuat MURI memberikan kami rekor.

Kegiatan ini menarik orang untuk datang, bahkan mereka menunggu kegiatan selanjutnya. Selain itu, kita juga harus berani merubah strategi.

Strategi awal yang merupakan income, begitu melihat kesempatan, sekarang berani melakukan penjualan strata tender. Lalu di daerah-daerah dekat Pondok Indah, juga kita kembangkan juga cluster-cluster walau tidak sebesar di Pondok Indah

Q : MKPI memiliki beberapa mall, tentunya harus membuat satu mall dengan mall lain memiliki ciri khas masing-masing. Apa yang berusaha ditampilkan dari masing-masing mall yang dikelola MKPI?

A : Mall kita berada di daerah neighborhood, maka kita fokuskan ke family mall, sehingga orang yang datang ke mall kami merasa di rumah.

Contohnya orang ke Pondok Indah Mall, terutama ibu-ibu, mereka tidak harus berdandan keren-keren sekali untuk datang ke sini.

Karena tempat kami jadi tempat favorit mereka, salah satunya untuk arisan. Ataupun tempat kami juga dijadikan tempat reuni.

Q : Bisnis dalam 3 Kata menurut anda?

A : Integritas, Win-Win, dan Long Term

Itulah bussiness in 3 words menurut Bapak Jeffri Tanudjaja, Vice President Director PT Metropolitan Kentjana Terbuka.

[teks Bimo Wicaksana | foto youtube brava radio]

Share it