Keutamaan Cek Kesehatan Tubuh Secara Rutin

275

Olahraga dan pilihan makanan yang sehat mulai banyak digemari masyarakat Indonesia. Hal itu memang sudah baik, tetapi penting juga untuk tetap melakukan cek kesehatan tubuh secara rutin.

Beberapa pendapat pakar kesehatan menganjurkan untuk memeriksa kesehatan setiap 6 bulan sekali, atau minimal setahun sekali.

Dalam suatu seminar Gathering Your Body Buddy yang digagas Prodia beberapa waktu lalu di Jakarta, Dokter Roy Panusunan Sibarani, SpPD-KEMD, FES yang merupakan Head of Diabetes Clinic RS Sahid Sahirman Memorial Jakarta, menyampaikan, “Sebaiknya pemeriksaan kesehatan secara rutin dimulai sejak usia 21 tahun.”

Mantan Putri Indonesia 2002, Melanie Putria menceritakan pola hidup sehatnya, dan mengatakan alasannya mengapa tak perlu takut melakukan cek kesehatan.

Healthy lifestyle is all about balance, selain menjaga kesehatan dengan makan sehat, istirahat berkualitas [tidur cukup 6 jam sehari], olahraga teratur minimal 20 menit 3-4 kali seminggu, dan jangan lupa untuk melakukan cek kesehatan secara rutin,” jelas Melanie dalam seminar yang sama.

Lanjutnya, “Kebanyakan orang takut untuk medical check up karena takut mengetahui bila ada yang sakit di tubuh kita, justru itu dapat dicegah dengan check up sedini mungkin.”

Dokter Roy turut menambahkan, “Hidup sehat adalah tidak berlebihan, baik itu dalam bekerja, makan, juga olahraga. Lakukan itu semua dalam porsi yang pas saja yang sesuai dengan kemampuan kita. Untuk itu lakukan check up secara rutin dari sekarang, karena prevention is the best medicine.”

So, Brava Listeners sudahkah melakukan medical check up tahun ini? [SumberĀ Ghiboo.com]

Share it