Kiat Sehat di Kantor

177

sehat di kantor

 

Mayoritas aktivitas pekerja kantoran adalah berada di depan komputer. Rutinitas yang harus dijalani setiap hari ini ternyata berdampak buruk bagi kesehatan. Namun ada trik tertentu untuk tetap sehat di kantor.

Untuk mengurangi dampak buruk terlalu banyak duduk di depan komputer, ada beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan termasuk beberapa perengangan. Gerakan peregangan memang sangat penting agar tubuh yang seharian duduk tidak mudah mengalami pegal dan kaku. Bagian tubuh yang sering merasakan dampaknya adalah leher, punggung dan bahu. Bahkan lengan dan kaki pun merasakan dampak yang sama.

Anda perlu banyak bergerak agar tidak mengalami keluhan-keluhan tersebut. Jangan habiskan waktu Anda di kantor dengan selalu duduk di depan komputer. Beranjaklah dari meja untuk sekadar jalan-jalan, ke toilet atau mencari makan. Selain itu, untuk dapat melakukan beberapa perengangan untuk mengurangi dampak buruk terlalu banyak duduk. Diantaranya adalah sebagai berikut, seperti dirangkum dari Daily Mail.

1. Chest Opener
Sesuai dengan namanya, gerakan ini dilakukan untuk merengangkan otot-otot di wilayah dada yang biasanya terhimpit oleh lengan yang digunakan untuk mengetik. Caranya mudah, pertemukan jari-jari tangan dibelakang punggung, luruskan lengan dan tarik sejauh mungkin kebelakang. Tahan hingga minimal 10 detik.

2. Hip Release
Keluhan umum orang-orang yang terlalu banyak duduk adalah kekakuan otot-otot pinggul. Berlututlah ke lantai dan langkahkan satu kaki ke depan hingga membentuk sudut 90 derajat. Dorong ke depan sampai pinggul tertarik. Untuk hasil yang maksimal, angkat tangan hingga diatas kepala, tahan selama 10 detik.

3. Shoulder roll
Putar bahu ke depan dan belakang beberapa kali agar tubuh bagian atas dapat rileks. Lakukan sebanyak 2-3 kali, dengan masing-masing 10 pengulangan.

4. Head-to-toe stretch
Perengangan seluruh tubuh dapat dilakukan sambil berdiri. Letakkan tangan jauh diatas kepala sampai terasa ada tarikan, tahan selama 10 detik lalu bungkukkan badan hingga tangan menyentuh jari kaki.

[Sumber: Fitness for Men | Foto: Telegraph]

Share it