Koleksi Gaun Putri Diana Terjual Rp24,8 Miliar

59
Koleksi Gaun Putri Diana Terjual Rp24,8 miliar

Koleksi gaun dari mendiang Putri Diana terjual dalam pelelangan sebesar 1,62 juta dolar AS atau setara dengan Rp24,8 miliar. Gaun ini sebelumnya pernah digunakan oleh Putri Diana sebelum kematiannya sejak 26 tahun yang lalu.

Ada tiga gaun dari mendiang Putri Diana dalam acara pelelangan yang digelar pada 6-8 September 2023, di Beverly Hills. Gaun tersebut adalah gaun sutra merah tua Bruce Oldfield, gaun strapless sutra beludru hitam dan sutra putih tanpa tali krep serta korset hitam off-shoulder dan rok sutra.

Salah satu gaun ikonik ini pernah dikenakan Putri Diana ketika pemutaran perdana film Hot Shots!. Film yang dibintangi Charlie Sheen itu dirilis pada November 1991.

Koleksi Gaun Putri Diana Terjual Rp24,8 miliarKetiga gaun dari mantan Putri Wales tersebut terjual masing-masing seharga 571.500 dolar AS. Hal ini diluar ekspetasi, mengingat harganya meningkat drastis hingga delapan kali lipat.

“Penjualan gaun ini yang memecahkan rekor kami melebihi semua ekspektasi,” kata Martin Nolan, pendiri dan direktur eksekutif Julien’s Auctions, seperti dilansir Daily Mail.

Koleksi Gaun Putri Diana Terjual Rp24,8 miliar

Sebelumnya koleksi gaun ikonik dari Putri Diana ini dimiliki oleh pengusaha wanita dari Ann Arbor, Ellen Petho. Ia membeli gaun di rumah lelang Christie’s di New York pada Juni 1997.

Tetapi, gaun tersebut kembali dilelang setelah Ellen Petho meninggal Januari 2023 pada usia 82 tahun. Suami Ellen, Louis Petho, melelang gaun-gaun tersebut untuk menggalang dana beasiswa pelajar.

“Untuk membantu mengumpulkan uang guna dana beasiswa bagi siswa seni dan desain yang sudah matang,” ucap Louis Petho dilansir Daily Mail.

Baca Juga: Melihat Kemewahan Hotel Ronaldo yang Jadi Tempat Pengungsian Gempa Maroko

Pelelangan gaun Putri Diana ini juga merupakan wasiat dari Ellen Petho sebelum meninggal. Hal ini diungkap oleh sang putri, Karrie Petho.

“Ibu kami membaca tulisan di dalam (katalog lelang) tentang Pangeran William yang memberi tahu ibunya bahwa gaun tidak boleh disimpan di lemarinya, bahwa mereka harus berada di dunia luar dan berbuat baik. Saya rasa itulah yang menginspirasinya.” ujarnya.