Lidah dapat deteksi masalah kesehatan manusia

138

Kondisi kesehatan kita sebenarnya bisa dideteksi oleh tubuh kita sendiri. Apabila ada suatu masalah kesehatan, pasti menimbulkan suatu reaksi di salah satu bagian tubuh kita. Salah satunya adalah lidah.

Mendiagnosis penyakit dan kondisi kesehatan berdasarkan warna serta tekstur lidah, merupakan salah satu cara yang sering dilakukan para dokter pada pasiennya.

Menurut seorang internis dan asisten profesor klinis di NYU langone Medical Center di kota New York, berikut merupakan berbagai reaksi lidah yang sedang mendeteksi penyakit:

1. Permukaan lidah halus dan pucat

Lidah seharusnya bertekstur sedikit bergelombang, namun jika tekstur lidah Anda halus, bisa jadi karena tubuh kekurangan zat besi atau vitamin B12.

2. Lidah berwarna hitam atau berbulu

Penampilan yang seperti tumbuh rambut akibat sekresi terus menumpuk di permukaannya dan berubah menjadi gelap,” ujar Lamm.

Lidah yang seperti ini akibat kebersihan mulut yang kurang baik. Kesehatan mulut yang buruk dapat meningkatkan risiko mengalami penyakit jantung.

Selain itu, lidah yang menghitam bisa menjadi tanda infeksi jamur atau bisa juga disebabkan oleh kondisi kesehatan lainnya, misalnya diabetes.

3. Lidah terlalu besar

Jika lidah terasa bengkak atau terlihat agak besar, hal ini bisa menunjukkan bahwa Anda memiliki hipotiroidisme.

Artinya, tubuh Anda tidak memproduksi cukup hormon tiroid yang kemudian bisa memperlambat metabolisme tubuh dan energi Anda pun hanya sedikit.

4. Lidah pecah-pecah

Jika Anda melihat retakan atau alur-alur pada permukaan atau sisi lidah, mungkin Anda memiliki gangguan autoimun.

5. Lidah berwarna putih

Kondisi ini bisa menjadi tanda infeksi jamur, yang merupakan petunjuk bahwa ada suatu hal yang mempengaruhi tingkat alami bakteri jamur di mulut Anda.

6. Sering muncul sariawan di lidah

Belum ada alasan fix mengapa sariawan sering muncul di lidah, namun ini cenderung karena Anda sedang stres, habis mengonsumsi makanan pedas, tubuh sedang berjuang melawan pilek dan flu, ataupun sistem kekebalan tubuh Anda terus bekerja tiada henti.

Anda bisa mengobatinya dengan mengoleskan obat khusus untuk sariawan. [teks Gabriella Sakareza/sumber detik.com | foto clickhole.com]

Share it