Lima Tahun Berturut-turut, Mesin Ferrari Masih yang Terbaik

388

F 458

 

 

 

 

 

Mesin Ferrari masih diakui sebagai yang tertangguh dengan merebut penghargaan Engine of the Year Awards.

Tak hanya sekali, tahun ini, untuk  kelima  kalinya  secara  berturut,  mesin  Ferrari  meraih penghargaan tersebut. Dan tak hanya satu, pabrikan supercar asal Italia itu menguasai dua kategori mesin di ajang  bergengsi International Engine of the Year Awards, yaitu Performance  Engine of the Year dan Above 4-litre.

Mesin Ferrari yang memenangkan dua penghargaan itu adalah V8 naturally-aspirated berkapasitas 4,5 liter yang menyokong  458 Italia dan 458 Spider dalam versi terkuatnya yaitu 458 Speciale dan Speciale A.

Mesin V8 ini pernah memenangkan dua penghargaan tersebut dua tahun berturut-turut pada tahun 2011 dan 2012. Keberhasilan ini terulang kembali  pada  tahun  2014  dan  2015.  Kemenangan  yang  tak  tertandingi  ini hanya terhalang oleh mesin yang menjadi daya bagi Ferrari F12 berlinetta, yaitu V12 naturally-aspirated 740 hp 6262 cc yang pada tahun 2013 meraih penghargaan yang sama, sementaraV8 menjadi juara keduanya.

Juri  dalam  penghargaan  ini  adalah  panel  jurnalis  otomotif  dari  31 negara  yang  menilai  setiap  mesin  berdasarkan  kesan  yang  dirasakan selama  mengemudi  dan  data  teknis  yang mempertimbangkan  tingkat efisiensi  bahan  bakar,  kehalusan,  performa,  suara,  dan  kemudahan
dalam mengemudi.

Mesin  V8  Ferrari  mencapai  titik  puncak  perkembangannya  pada  model 458  Speciale  dan  edisi  khusus  Speciale  A  yang  kemampuan  mesin naturally-aspirated  4,5  liter-nya  dapat  mencapai  605  hp  pada  9000 rpm.

[Teks: @moeha | Foto: Auto Evolution]

Share it