Luhut Pastikan Tesla Hingga BYD Akan Investasi di Indonesia

12

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengungkapkan bahwa semua produsen mobil listrik besar akan masuk ke Indonesia, seperti BYD hingga Tesla.

“Ini kalau Anda lihat semua di sini, hampir semua pemain, bukan hampir semua, (tapi) semua pemain besar mobil dunia pun sudah masuk, akan masuk di kita. Terakhir itu BYD yang nomor satu di dunia, nomor dua ada Tesla, Hyundai dan seterusnya,” kata Luhut di Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda 2023, dilansir Antara.

Baca Juga: Sri Mulyani Masuk Daftar 50 Over 50: Asia 2023 Versi Forbes

Luhut mengungkapkan bahwa saat ini beberapa produsen mobil listrik besar sudah mencapai tahap finalisasi. Produsen mobil listrik ini akan segera diumumkan secara resmi nantinya.

“Ini semua sudah memfinalisasi perjanjian-perjanjian Indonesia dengan keputusan kita, EV, yang sudah kemarin di rapat kabinet, dan kita bisa announce segera. Maka pemain-pemain besar dunia itu akan masuk ke Indonesia,” katanya.

Luhut mengatakan target yang ingin dicapai ke depan adalah membuat Indonesia masuk tiga  produsen baterai terbesar di dunia pada 2027.

“Maka kita sudah siap memasuki satu era baru membangun ekosistem lithium battery dan juga mobil EV dan ini kalau berjalan semua sesuai rencana, maka baterai pertama litium juga akan bisa kita produksi pada tahun 2025,” ujar Luhut.

“Nanti tahun 2027 kita mungkin salah satu dari tiga besar dunia yang akan memproduksi EV battery juga termasuk mobil EV,” ujarnya.

Share it