Makna Simbol Kelinci Dalam Perayaan Paskah

44
Makna Simbol Kelinci Dalam Perayaan Paskah

Pada Minggu, 17 April 2022 umat kristiani merayakan Paskah. Selain telur, perayaan Paskah identik dengan berbagai simbol salah satunya adalah kelinci. Lantas, apakah makna dari simbol kelinci dalam perayaan Paskah? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Asal usul akurat mengenai kelinci sebagai simbol Paskah masih belum diketahui, namun beberapa sumber mengatakan bahwa kelinci dimaknai sebagai simbol kesuburan dan kehidupan baru dalam tradisi Paskah. Dilansir dari Womansday, umat Kristiani merayakan Paskah pada hari Minggu pertama setelah bulan purnama pertama pada Vernal Equinox.

Makna Simbol Kelinci Dalam Perayaan Paskah

Hal tersebut berlangusng ketika sebagian besar Bumi mengalami jam sinar matahari dan malam hari yang hampir sama, yang menandakan kedatangan musim semi di belahan Bumi Utara. Hal tersebut menyebabkan perayaan Paskah jatuh pada tanggal yang berbeda setiap tahun.

Sebelumnya terdapat Hari Raya Pagan yang juga jatuh sekitar waktu ekuinoks bulan Maret. Hari Raya Pagan merupakan perayaan atas Dewi Eostre atau Austro yang dikenal sebagai dewi musim semi atau dewi kesuburan yang biasanya ditampilkan memegang telur dan kelinci. Aspek telur dan kelinci dari festival itu dijalin ke dalam konteks Hari Raya Kristen untuk merekrut orang-orang Anglo-Saxon ke Kristen.

Makna Simbol Kelinci Dalam Perayaan Paskah

Tradisi kelinci Paskah pertama kali hadir di Amerika pada 1700-an oleh imigran Jerman yang menetap di Pennsylvania. Mereka membawa tradisi tentang kelinci bertelur yang disebut ‘Osterhase’ atau ‘Oschter Haws’. Anak-anak mereka membuat sarang di mana kelinci bisa bertelur dengan warna-warni.

Dengan kebiasaan tersebut, kemudian menyebar ke seluruh AS dan pengiriman kelinci Paskah diperluas dengan memasukkan cokelat, permen, dan hadiah lainnya. Keranjang hias kemudian dibuat untuk menggantikan sarang. Selain itu, anak-anak sering meninggalkan wortel untuk kelinci jika dia lapar karena melompat-lompat.

Baca Juga: Inilah Negara Dengan Durasi Puasa Terlama di Dunia

Sejak saat itulah, kelinci pun menjadi simbol Paskah yang dikenal di seluruh dunia.

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it