Inilah Negara Dengan Durasi Puasa Terlama di Dunia

118
Inilah Negara Dengan Durasi Puasa Terlama di Dunia

Umat islam di seluruh dunia kini sedang menjalankan ibadah puasa Ramdan 1443 Hijriyah. Salah satu tantang terbesar dalam berpuasa adalah harus menahan nafsu makan dan minum selama seharian. Di Indonesia, Rata-rata lama waktu puasa sekitar 13 jam 20 menit.

Tahukah Anda bahwa ada negara-negara yang menjalankan puasa hanya dengan durasi 11 jam, bahkan ada pula negara yang menjalankan waktu puasa terlama hingga 15 jam. Berikut Brava rangkum ke dalam negara dengan durasi puasa terlama di dunia.

Inilah Negara Dengan Durasi Puasa Terlama di Dunia

Astronom amatir Indonesia sekaligus Pembimbing dan Pendamping Forum Kajian Ilmu Falak (FKIK) Gombong dan Majelis kajian Ilmu Falak (MKIK) Kebumen Jawa Tengah, Marufin Sudibyo menjelaskan, negara-negara yang berada di bagian utara bumi akan menjalani durasi puasa terlama atau lebih panjang, dibandingkan dengan mereka yang tinggal di selatan bumi.

Perhiutngan durasi puasa diawali dengan terbitanya matahari sampai tenggelamnya matahari. Pada dasarnya durasi puasa merupakan panjang siang astronomis yakni dari waktu terbit hingga terbenam Matahari, ditambahkan dengan durasi fajar nyata.

Inilah Negara Dengan Durasi Puasa Terlama di Dunia

Pada Ramadhan 1443 Hijriyah kali ini, Matahari sedang menjalani gerak semu tahunannya sedemikian rupa. Dengan begitu negara dengan durasi berpuasa atau waktu puasa paling panjang adalah negara yang berkedudukan paling utara di hemister utara yakni kota Ottawa Kanada. Kanada adalah sebuah negara di Amerika Utara yang memiliki 10 provinsi dan tiga wilayahnya terbentang dari Samudra Atlantik ke Samudra Pasifik, dan utara ke Samudra Arktik, yang meliputi 9,98 juta km persegi. Negara ini disebut sebagai negara terbesar kedua di dunia, dengan populasi penduduk muslimnya mencapai 3,7 persen.

Inilah Negara Dengan Durasi Puasa Terlama di Dunia

Durasi waktu puasa di Kanada bisa mencapai 15 jam, sebab durasi siang di kota itu mencapai 13 jam. Selain itu juga ada pula negara yang memiliki durasi tercepat puasa dalam periode Ramadhan 1443 Hijriyah kali ini. Marufin menyebutkan, negara dengan durasi berpuasa paling pendek atau waktu puasa tercepat di dunia adalah negara yang berkedudukan paling selatan di hemisfer selatan seperti Argentina (populasi muslim 1,9 persen penduduk), Chile (populasi muslim 0,02 persen penduduk), dan Selandia Baru (populasi Muslim 1,3 persen penduduk). Dengan durasi puasa hanya 13 jam dengan durasi siang 11 jam.

Baca Juga: Alasan Inggris Diminta Kembalikan Medali Olimpiade Tokyo

 

Penulis: Fadia Syah Putranto

Share it