Manfaat Buah Kurma Hingga Air Rendamannya yang Baik untuk Kesehatan

3171
Manfaat Buah Kurma Hingga Air Rendamannya yang Baik untuk Kesehatan

Salah satu buah yang tidak pernah luput saat datangnya bulan suci Ramadan adalah buah kurma. Buah yang biasanya disantap sehabis berbuka puasa ini terkandung banyak manfaat tidak hanya dari buahnya, namun air rendaman dari kurma juga memiliki khasiat bagi tubuh.

Mineral, serat dan vitamin yang ada dalam buah kurma sangat membantu untuk mengatasi berbagai penyakit. Selain itu, menariknya dari buah kurma ialah khasiat dari air rendaman kurma yang telah direndam dalam air matang selama satu malam.

Manfaat Buah Kurma Hingga Air Rendamannya yang Baik untuk Kesehatan

Berikut ini manfaat dari buah kurma serta air rendamannya bagi kesehatan.

Gangguan Usus 

Kurma mengandung nikotin yang ternyata memiliki manfaat untuk menyembuhkan gangguan usus. Mengkonsumsi satu buah kurma per hari dapat membantu menstimulasi bakteri dan menghambat pertumbuhan organisme patologis yang bermanfaat bagi tubuh pada usus.

Selain itu, dalam kurma terkandung serat yang larut dan tidak larut, serta asam amino yang memiliki manfaat untuk menstimulasi pencernaan makanan dan membuat pencernaan lebih efisien, yang berarti lebih banyak nutrisi akan diserap oleh sistem pencernaan dan memasuki tubuh untuk penggunaan yang benar.

Mencegah Risiko Diabetes

Meskipun buah kurma terasa manis ketika dikonsumsi, namun nyatanya kurma justru dapat membantu mengurangi risiko diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang dimiliki oleh kurma yang membuatnya dicerna lebih lambat di dalam perut sehingga membantu tubuh lebih baik mengontrol kadar gula darah.

Penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Journal tahun 2011 menunjukkan buah kurma indeks glikemik rendah. Buah kurma tidak langsung melonjakkan kadar gula darah setelah makan.

Anemia

Selain terkandung serat yang baik, kurma juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Zat besi dalam kandungan kurma ini dapat dijadikan suplemen diet bagi yang menderita anemia.

Selain itu, kandungan besi di kurma berguna untuk menyeimbangkan kekurangan zat besi pada pasien anemia, sehingga dapat meningkatkan gejala mudah lelah dan meningkatkan tenaga.

Kesehatan Jantung

Kurma tidak hanya dapat dikonsumsi mentah-mentah, melainkan air rendaman kurma juga mampu mencegah datangnya beberapa penyakit, seperti penyakit jantung. Caranya adalah kurma terlebih dahulu di rendam dalam air matang selama satu malam di dalam wadah tertutup yang kemudian akan di minum keesokan paginya. Lakukan hal ini secara teratur sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Mengonsumsi rendaman air kurma berguna untuk memperkuat kesehatan jantung. Kandungan sumber potassium yang kaya pada, dapatmengurangi risiko terkena stroke dan penyakit lain yang berhubungan dengan jantung.

Mencegah Sembelit

Selain itu, air rendaman dari kurma juga terbukti ampuh meringankan masalah pencernaan seperti sembelit. Kotoran yang menumpuk di dalam tubuh dapat dengan mudah dibuang dengan meminum air rendaman kurma semalam.

 

Penulis: Rifqi Fadhillah

Share it