Mark Zuckerberg Kenalkan Sarung Tangan Haptic Yang Dapat Rasakan Tekstur Benda Virtual

17
Mark Zuckerberg Kenalkan Sarung Tangan Haptic Yang Dapat Rasakan Tekstur Benda Virtual

CEO Facebook, Mark Zuckerberg kembali menghebohkan dunia teknologi dengan memamerkan sarung tangan yang dapat merasakan suatu objek dalam dunia virtual. Hal ini akan menjadi proyeksi ke depan Mark Zuckerberg dalam menjadikan metaverse atau dunia virtual sebagai masa depan Facebook.

Dikutip dari The Verge, bahwa sarung tangan canggih ini menggunakan teknologi haptic yang dikembangkan oleh Meta Reality Lab selama tujuh tahun terakhir. Nantinya, sarung tangan haptic ini akan memberikan sensasi realistis terharap sentuhan di metaverse.

Mark Zuckerberg Kenalkan Sarung Tangan Haptic Yang Dapat Rasakan Tekstur Benda Virtual

Mark Zuckerberg dalam Instagramnya, memamerkan sarung tangan canggih ini yang dapat merasakan sensasi sentuhan seperti menggenggam objek dalam dunia virtual selayaknya di dunia nyata. Selain itu, sarung tangan ini juga dapat menyesuaikan tekanan terhadap suatu objek dalam dunia virtual.

View this post on Instagram

A post shared by Mark Zuckerberg (@zuck)

“Tim Meta Reality Lab sedang mengerjakan sarung tangan haptic untuk memberikan sensasi realistis terharap sentuhan di metaverse. Suatu saat, Anda akan bisa merasakan tekstur dan tekanan ketika menyentuh objek virtual,” tulis Mark Zuckerberg dalam akun Instagramnya.

Salah satu seseorang yang pernah mencobanya, yakni Kepala Meta Reality Labs, Michael Abrash mengatakan bahwa ia bensr-benar merasakan benda piring dalam dunia virtual seperti ia menyentuhnya dalam dunia nyata.

“Saya melihat piring dan melihat jari saya di piring, lalu saya mendengar suara, semacam gesekan di atasnya dan saya merasakan getarannya,” ujar Michael Abrash.

“Saya memberitahu Anda, saya sedang menggerakkan jari saya di atas piring keramik.” tambahnya.

Baca Juga : Terinspirasi Dari Dubai, Jakarta Siap Buka Restoran Melayang Di Udara

Mark Zuckerberg Kenalkan Sarung Tangan Haptic Yang Dapat Rasakan Tekstur Benda Virtual

Sarung tangan ini dilapisi dengan sekitar 15 bantalan plastik bergerigi yang dikenal sebagai aktuator. Bantalan tersebut diatur agar pas di sepanjang telapak tangan pemakainya, bagian bawah jari, dan ujung jari mereka.

Gambarannya apabila Anda menyentuh objek virtual dengan ujung jari, Anda akan merasakan sensasi benda itu menekan kulit. Jika Anda mencengkeram benda virtual, aktuator akan menegang dan menciptakan sensasi perlawanan. Hal ini akan berpadu dengan isyarat visual dan audio untuk menghasilkan ilusi sentuhan fisik.

 

Penulis : Rifqi Fadhillah

Share it