Mengenal Alopecia Areata yang Membuat Rambut Rontok Tiba-Tiba

12
Mengenal Alopecia Areata yang Membuat Rambut Rontok Tiba-Tiba

Rontoknya rambut secara tiba-tiba bisa membuat seseorang khawatir akan kesehatannya. Mereka yang mengalami hal tersebut bisa saja mengalami alopecia areata.

Alopecia Areata menjadi salah penyakit autoimun yang cukup umum ditemukan. Penyakit autoimun adalah kondisi saat sistem imun menyerang sel-sel sehat dalam tubuh. Padahal, sistem imun berperan penting melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Penyakit autoimun berdampak pada berbagai organ tubuh. Salah satunya pada folikel rambut seperti alopecia areata. Mengutip Medical News Today, alopecia areata adalah penyakit autoimun yang menyebabkan kerontokan rambut tak terduga.

Mengenal Alopecia Areata yang Membuat Rambut Rontok Tiba-Tiba

Dalam sebagian besar kasus, kerontokan rambut hanya terjadi di beberapa bagian rambut. Tapi, dalam kasus yang lebih parah, kerontokan rambut bisa terjadi secara total atau yang dikenal dengan istilah alopecia totalis.

Selain kerontokan rambut, alopecia areata juga dapat memengaruhi kondisi kuku. Berikut yang bisa diperhatikan:

– muncul bintik dan garis putih,
– kuku terasa kasar,
– kuku tak berkilau,
– kuku menipis dan terbelah.

Mengenal Alopecia Areata yang Membuat Rambut Rontok Tiba-TibaDi sisi lain, penyebab alopecia areata belum diketahui dengan pasti apa yang menyebabkan sistem imun menargetkan folikel rambut. Namun, para ilmuwan menduga adanya pengaruh faktor genetik dalam hal ini. Sedikit bukti ilmiah juga menemukan bahwa alopecia disebabkan oleh stres.

Baca Juga: 3 Tanda Awal Kolestrol Tinggi yang Perlu Diketui, Jangan Dianggap Remeh

Segera melakukan pemerikasaan apabila ke dokter apabila mengalami gejal tersebut.

Share it